Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Industri Baja Turut Berperan dalam Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Kamis, 02 September 2021 – 13:07 WIB
Industri Baja Turut Berperan dalam Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca - JPNN.COM
Ilustrasi industri baja. Foto: Radar Surabaya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pakar kesehatan lingkungan Universitas Indonesia (UI) Profesor Budi Haryanto mengatakan sektor industri, termasuk baja, tekstil, dan sebagainya, memiliki peran penting dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Meski dalam Nationally Determined Contribution (NDC) disebutkan kontribusi industri hanya 0,10 persen, namun menurut Prof Budi, penanganan industri lebih terkontrol.

Hal itu disampaikan Prof Budi menanggapi upaya pemerintah, yang saat ini sedang fokus dalam penurunan emisi GRK.

Sesuai Paris Agreement, dalam jangka pendek, pemerintah berkomitmen menurunkan emisi karbon pada 2030 hingga 29%, dengan upaya sendiri dan 41% dengan bantuan internasional.

“Industri, termasuk baja, justru punya peran penting. Penanganan memang bisa dimulai dari yang kecil, yang bisa terkontrol. Karena industri kan jelas memiliki izin, dan lain-lain, sehingga komitmen untuk pengurangan emisi bisa relatif lebih mudah dibandingkan sektor lain. Caranya bisa melalui asosiasi atau peraturan,” kata Budi.

“Bahkan kalau tidak dimulai dari industri, akan berat memulainya. Lihat saja, selama ini kita masih stagnan,” imbuhnya.

Karena itu, Budi berharap, sektor industri bisa segera memulai. Dengan demikian, diharapkan sektor tersebut juga juga lebih cepat mencapai keberhasilan.

Dan keberhasilan tersebut, diharapkan bisa menjadi contoh bagi sektor lain yang sebenarnya memiliki kontribusi lebih besar dalam NDC.

Sektor industri, termasuk baja, tekstil, dan sebagainya, memiliki peran penting dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close