Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Infina Dorong UKM dan UMKM Indonesia Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 22 Agustus 2020 – 22:50 WIB
Infina Dorong UKM dan UMKM Indonesia Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Founder Infina, Oktora Irahadi. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi virus corona yang berlangsung pada tahun 2020 memang bukan saja bencana bagi komunitas global, tetapi juga menyerang hampir seluruh aspek kehidupan mulai dari sektor kesehatan yang terpukul hebat, bidang pendidikan yang berubah total hingga tentunya Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia yang sempat babak belur.

Oleh karena itu, dibutuhkan strategi khusus untuk bertahan dari terpaan badai Covid-19. Sekelompok anak bangsa dari berbagai latar industri kreatif yang prihatin dengan kondisi ini memberikan secercah harapan dengan melahirkan platform digital bernama Infina yang membantu kalangan usaha kecil seperti UKM dan UMKM untuk dapat memasarkan produk atau jasanya di dunia digital dengan cara berbeda.

Founder Infina, Oktora Irahadi mengatakan Infina artinya adalah Influencing Indonesia dan telah diluncurkan bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Republik Indonesia. Infina bertujuan untuk membantu para UKM & UMKM Indonesia yang saat ini jumlahnya ada sekitar 64 juta (menurut data Kemenkop pada tahun 2019) untuk bisa bangkit dan memaksimalkan potensinya yang besar.

“Kami percaya bahwa dengan bergandengan tangan, kita akan menjadi semakin kuat dalam memajukan UKM & UMKM Indonesia bersama-sama dengan para influencer Indonesia. Ini adalah ruang saling bantu yang bertujuan memajukan ekonomi Indonesia. Infina merupakan rumah yang tepat bagi UKM & UMKM serta influencer Indonesia untuk saling terhubung dan maju bersama,” kata Oktora Irahadi, Founder INFINA dalam keterangan pers, Sabtu (22/8).

Di sisi lain, ada sekitar 400.000 (empat ratus ribu) lulusan S-1 setiap tahunnya di Indonesia, belum termasuk sekolah kejuruan. Dalam 15 tahun kedepan akan ada sekitar 12.000.000 (dua belas juta) angkatan kerja baru yang membutuhkan pekerjaan.

Melihat kondisi pandemic saat ini tentu ini akan menjadi tantangan bagi Indonesia. INFINA merangkul tenaga kerja Indonesia untuk tidak hanya tergantung kepada pemberi kerja, namun juga bisa berdaya untuk mencipatakan lapangan kerja atau penghasilan tersendiri sekaligus membantu para UKM & UMKM Indonesia.

Selain menghubungkan para UKM & UMKM dengan influencer untuk jejaring lebih luas lagi, platform INFINA juga turut menyediakan jasa yang akan membantu UKM dan UMKM dalam mengembangkan bisnisnya mulai dari jasa konsultasi pemasaran secara daring, jasa desain visual, jasa videografi termasuk berbagai workshop manajemen pengiklanan.

Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, INFINA meluncurkan kampanye promosi diskon sebesar 75% bagi 750 UKM Indonesia pertama untuk memasarkan produknya menggunakan jasa para influencer.

Infina bertujuan untuk membantu para UKM & UMKM Indonesia yang saat ini jumlahnya ada sekitar 64 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   UKM  UMKM  Infina  Pandemi 
BERITA LAINNYA
X Close