Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Info dari Kakorlantas Polri soal Layanan Pengurusan SIM Jelang New Normal

Sabtu, 30 Mei 2020 – 15:31 WIB
Info dari Kakorlantas Polri soal Layanan Pengurusan SIM Jelang New Normal - JPNN.COM
Kakorlantas Polri Irjen Istiono. Foto: dok. Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memutuskan kembali membuka layanan pengurusan SIM, STNK dan BPKB yang sempat ditutup karena pandemi COVID-19.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Istiono bernomor ST/1537/V/YAN.1.1/2020 tanggal 29 Mei 2020.

Sebagaimana tertera dalam surat telegram itu, pelayanan satuan penyelenggara administrasi (satpas), sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) dan BPKB dibuka lagi seiring rencana pemerintah menerapkan tatanan kehidupan normal yang baru atau new normal life. Namun, pelayanan itu tetap memedomani protokol kesehatan secara ketat.

"Mulai hari ini, Sabtu (30/5) kantor layanan satpas, samsat dan BPKB sudah beroperasi melayani perpanjangan dan pembuatan surat kendaraan bermotor,” kata Istiono.

Sebelumnya Polri menghentikan sementara pelayanan operasional satpas, samsat dan BPKB sejak Maret lalu. Pada 18 Mei silam, Polri memperpanjang penutupan pelayanan itu sampai 29 Juni 2020.

Namun, Istiono memastikan pelayanan satpas, samsat dan BPKB sudah kembali beroperasi. Menurut dia, surat telegram bernomor ST/1473/V/YAN.1.1/2020 tentang penutupan satpas, samsat dan BPKB hingga 29 Juni 2020 dinyatakan tidak berlaku.

Walakin, Polri tetap memberikan dispensasi bagi warga pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada periode 24 Maret hingga 29 Mei 2020 atau selama penutupan layanan akibat pandemi. Bagi pemohon SIM baru tetap diproses seperti pengurusan perpanjangan.

Untuk hari ini, Satpas SIM Polresto Depok, Jawa Barat ‎dipastikan sudah beroperasi. Warga Depok yang hendak mengurus perpanjangan SIM bisa mendatangi Polresto Depok dan mobil layanan keliling di Pasar Segar Cinere.

loading...