Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Info Terkini Evakuasi 2 Pesawat Tempur TNI AU yang Jatuh di Pasuruan

Senin, 20 November 2023 – 11:04 WIB
Info Terkini Evakuasi 2 Pesawat Tempur TNI AU yang Jatuh di Pasuruan - JPNN.COM
Arsip foto - Warga berada di dekat bangkai pesawat tempur EMB-314 Super Tucano TNI AU yang mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (17/11/2023). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/sgd/tom

jpnn.com - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menyebut evakuasi badan dua pesawat tempur EMB-314 Super Tucano diharapkan tuntas sepekan ke depan.

Saat ini proses evakuasi bangkai pesawat masih berlangsung, tetapi terkendala cuaca buruk dan lokasi jatuhnya di ketinggian, yaitu sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Agung juga mengatakan tim dari TNI AU tidak mengerahkan helikopter untuk evakuasi karena faktor lokasi dan cuaca
.
"Pesawat dipotong-potong beberapa bagian agar mudah diangkut melalui jalan darat, karena jalan udara dengan helikopter tidak menjadi opsi," kata Kadispenau, Minggu (19/11).

Terlepas dari kesulitan itu, Agung memperkirakan proses angkut bangkai pesawat dari lokasi jatuhnya di lereng Gunung Bromo, Pasuruan, Jawa Timur, menuju Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh rampung dalam waktu sepekan ke depan.

"Diharapkan, dalam waktu seminggu ke depan sudah bisa diangkut seluruhnya," ucapnya.

Dua pesawat TNI AU jatuh di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger, Semeru, yang medannya terjal serta berbukit.

Tim investigasi dari Pusat Kelaikan dan Keselamatan Terbang Kerja TNI AU (Puslaiklambangjaau) bersama Skuadron Teknik (Skatek) Lanud Abdulrachman Saleh berhasil tiba lokasi pada Jumat (17/11).

Di tempat jatuhnya dua pesawat yang berada di dua lokasi berbeda, tim investigasi telah mengamankan data, serta perangkat VDR/NCDC (video data recorder/network centric data cartridge) dari dua pesawat tersebut.

Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati menyampaikan info terkini evakuasi 2 pesawat tempur TNI AU Super Tucano yang jatuh di Pasuruan, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close