Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingat Pesan Bung Karno, Jangan Hancurkan Pabrik Semen

Sabtu, 11 Maret 2017 – 23:44 WIB
Ingat Pesan Bung Karno, Jangan Hancurkan Pabrik Semen - JPNN.COM
Pabrik Semen

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat pembangunan Djuni Thamrin menilai, ada kontestasi tidak fair dan seimbang dalam menilai kepentingan pembangunan industri semen nasional yang dijalankan BUMN, dengan penilaian keselarasan ekologi. Khususnya dimensi lingkungan yang dikampanyekan sejumlah aktivis lingkungan.

Menurut Thamrin, dalam pandangan sebagian aktivis lingkungan, pengadaan semen sebagai salah satu komoditi strategis untuk pembangunan infrastruktur, dinilai akan merusak dan mengorbankan lingkungan.

"Saya kira Itu paradigma lama yang sempit. Dalam paradigma sustainable development, pembangunan industri semen dapat dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian dan keberlangsungan hidup bagi generasi berikut," ujar Thamrin dalam pesan elektronik yang diterima Sabtu (11/3).

Thamrin mencontohkan pendirian pabrik semen milik negara di Rembang, Jawa Tengah, telah berwawasan lingkungan.
Sisa penambangan batu gamping di site Tuban dan Gresik Jawa Timur, telah direklamasi kembali yang kemudian ditanami dengan tanaman produktif.

"Sisa penggalian tanah liat juga sudah ditransformasi menjadi embung maupun waduk mini yang dapat memberikan pengairan untuk sawah disekitarnya dan perikanan tambak terpadu. Produksi tani sawah bahkan dapat dilakukan panen tiga kali per tahun dengan rata-rata produksi sembilan ton/hektar gabah kering, " ucap peraih gelar PhD dari salah satu universitas di Malaysia ini.

Thamrin meyakini, kekhawatiran para aktivis lingkungan tidak akan terjadi. Karena dengan penerapan sistem penambangan yang menggunakan ilmu pengetahuan mutakhir, semua potensi kerusakan sudah dibuatkan mitigasinya.

"Jadi, sejauh ini tidak ada kontestasi dan benturan paradigma industri dan lingkungan dalam industri semen di Kabupaten Rembang. Potensi kontestasi justru sangat mungkin terjadi antara modal asing dan BUMN untuk menguasai supply semen di Jawa dan Indonesia," kata Thamrin.

Thamrin mengemukakan kekhawatiran tersebut, karena semua pemain besar industri semen dunia, telah mencengkramkan pengaruhnya di Indonesia.

Pengamat pembangunan Djuni Thamrin menilai, ada kontestasi tidak fair dan seimbang dalam menilai kepentingan pembangunan industri semen nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close