Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingatkan PNS & PPPK, MenPAN-RB: Jangan Maunya Dilayani, Ini Bukan Era Kolonial

Kamis, 10 Maret 2022 – 20:44 WIB
Ingatkan PNS & PPPK, MenPAN-RB: Jangan Maunya Dilayani, Ini Bukan Era Kolonial - JPNN.COM
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo ingatkan PNS dan PPPK tidak minta dilayani. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meminta para PNS serta PPPK di seluruh Indonesia meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sebagai aparatur sipil negara (ASN), setiap PNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) harus punyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dia juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo bahwa jiwa melayani serta membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri. 

"Bukan zamannya lagi aparatur negara seperti pejabat zaman kolonial, malah minta dilayani. PNS maupun PPPK harus melayani,” tegasnya, Kamis (10/3).

Seluruh jajaran pemerintah dari pusat hingga daerah juga harus menguatkan employer branding Bangga Melayani Bangsa. 

Menteri Tjahjo menegaskan, jangan ada lagi ego sektoral dan ego ilmu. Yang dipikirkan adalah bagaimana PNS maupun PPPK bangga melayani bangsa.

Penegasan Tjahjo tersebut karena secara nasional, indeks pelayanan publik mengalami sedikit penurunan. Hasil evaluasi tahun lalu menunjukkan angka 3,79, turun dari tahun 2020 yakni 3,84. Penurunan itu disebabkan pandemi Covid-19 yang fluktuatif dan penambahan lokus evaluasi secara masif.

Juga penambahan lokus evaluasi pada kementerian/lembaga sebanyak 28 instansi, 1 instansi pada tingkat provinsi, serta 293 instansi di tingkat kabupaten dan kota.

MenPAN-RB mengingatkan PNS dan PPPK untuk tidak selalu minta dilayani karena era sekarang bukan era kolonial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close