Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingin Basmi Korupsi, Rakyat Bulgaria Menolak Golput di Pilpres

Minggu, 21 November 2021 – 15:52 WIB
Ingin Basmi Korupsi, Rakyat Bulgaria Menolak Golput di Pilpres - JPNN.COM
Presiden Bulgaria, Rumen Radev (kanan) dan Dubes RI untuk Bulgaria Sri Astari Rasjid. Foto: ANTARA/KBRI London/aa.

jpnn.com, SOFIA - Rasa muak terhadap praktik korupsi yang kian subur di pemerintahan telah mendorong rakyat Bulgaria berpartisipasi dalam pemilihan presiden putaran kedua hari ini, Minggu (21/11).

Bulgaria merupakan anggota termiskin Uni Eropa. Kondisi negara itu bertambah buruk akibat wabah COVID-19 dan meroketnya ongkos energi. 

Pemungutan suara pada Minggu dimulai pada pukul 07.00 pagi (waktu setempat) dan berakhir pada pukul 08.00 malam (waktu setempat). Presiden terpilih Bulgaria akan menjabat pada Januari 2022.

Calon petahana Rumen Radev (58 tahun) masih diunggulkan setelah memenangkan 49,5 persen suara di putaran pertama pada 14 November.

Radev merupakan seorang reformis dengan janji akan membersihkan citra Bulgaria sebagai negara anggota Uni Eropa yang paling korup.

Dia bersaing dengan Rektor Universitas Sofia, Anastas Gerdzhikov (58 tahun) yang pada minggu lalu memenangkan 22,8 persen suara.

Gerdzhikov didukung oleh politisi terkemuka Bulgaria dalam dekade terakhir, yakni mantan perdana menteri Boyko Borissov yang digulingkan dari kekuasaan pada April.

Jabatan presiden di Bulgaria sebagian besar bersifat seremonial, tetapi menjadi menonjol pada saat krisis politik, yaitu saat kepala negara dapat menunjuk kabinet sementara.

Berbeda dengan di negara lain, rakyat Bulgaria yang membenci korupsi justru memilih tidak golput pada pilpres tahun ini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close