Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingin Desa Lebih Maju, Tim Pengabdi FIA UI Dampingi Revitalisasi BUMDes

Kamis, 02 November 2023 – 11:01 WIB
Ingin Desa Lebih Maju, Tim Pengabdi FIA UI Dampingi Revitalisasi BUMDes - JPNN.COM
Tim Pengabdi Fakultas Ilmu Administrasi UI melakukan pembinaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bakti Maju Mandiri, di Kabupaten Bekasi, pada Selasa (31/10). Foto: dokumentasi FIA UI

jpnn.com - Tim Pengabdi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) melakukan pembinaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bakti Maju Mandiri, di Kabupaten Bekasi, pada Selasa (31/10).

Kegiatan itu terselenggara melalui Hibah Pengabdian Masyarakat UI Tahun 2023 dan merupakan lanjutan dari pengabdian masyarakat tahun sebelumnya.

Ketua Tim Pengabdi Fakultas Ilmu Administrasi atau FIA UI Ima Mayasari mengatakan bahwa langkah awal untuk revitalisasi dilakukan melalui perbaikan kelembagaan BUMDes.

“Terutama bagaimana BUMDes dapat mengimplementasikan Permendesa PDTT Nomor 3 Tahun 2021,” ucap Ima dalam keterangannya, Kamis (1/11).

Menurut dia, revitalisasi kelembagaan BUMDes adalah langkah penting dalam mendukung pengembangan ekonomi di tingkat desa.

“Sejumlah strategi dapat dilakukan, seperti penguatan citra badan hukum BUMDes, penyusunan AD/ART, dan Perdes terkait BUMDes, praktik terbaik dunia usaha dan BUMDes, serta penguatan koordinasi antar para pemangku kepentingan,” kata dia.

Ima dan tim juga mendorong agar BUMDes Bakti Maju Mandiri segera terdaftar di dalam Sistem Informasi Desa, sehingga BUMDes mendapatkan pembinaan dan pengembangan langsung oleh Kemendes PDTT dan menteri atau kepala lembaga pemerintah nonkementerian teknis.

Jika dilihat potensi BUMDes Bakti Maju Mandiri ini begitu besar, selain dari sektor tambak, mereka juga memilki kegiatan usaha pariwisata Pantai Bungin.

Tim Pengabdi Fakultas Ilmu Administrasi atau FIA UI melakukan pembinaan dan pengembangan BUMDes Bakti Maju Mandiri, di Kabupaten Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close