Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 4 Efek Negatif Minum Kopi Bagi Balita

Senin, 03 Februari 2020 – 11:42 WIB
Ini 4 Efek Negatif Minum Kopi Bagi Balita - JPNN.COM
Kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Penelitian dalam Journal of Human Lactation menemukan konsumsi kopi di kalangan balita mulai meningkat sejak usia mereka 1 tahun.

Lantas, apa saja dampak yang mungkin terjadi bila balita sering minum kopi?

Pengaruh kopi terhadap kesehatan balita

Kopi merupakan minuman kaya antioksidan dengan beragam manfaat. Minuman ini disebut-sebut dapat menambah energi, membantu membakar lemak, memberikan rasa bahagia, bahkan mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Akan tetapi, lain ceritanya bila Anda memberikan kopi pada balita yang masih tumbuh dan berkembang. Meski tidak berbahaya, kebiasaan minum kopi dapat menimbulkan dampak sebagai berikut:

1. Menyebabkan kecanduan

Kopi mengandung kafein, dan kafein adalah stimulan. Stimulan merupakan bahan atau senyawa yang mempercepat pengiriman sinyal antara otak dan tubuh. Ini sebabnya minum kopi dapat membuat Anda lebih waspada, aktif, percaya diri, dan berenergi.

Kafein juga bersifat adiktif atau dapat memicu kecanduan. Balita yang sering minum kopi berisiko mengalami kecanduan ketika usianya bertambah nanti. Gejala kecanduan kafein antara lain sakit kepala, lesu, cemas, mudah marah, serta sulit berkonsentrasi.

Seberapa bahaya bagi balita jika mengonsumsi kopi seperti layaknya orang dewasa?

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close