Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 4 Tantangan Untuk Orang Yang Ingin Menikah Lagi

Selasa, 22 Januari 2019 – 13:06 WIB
Ini 4 Tantangan Untuk Orang Yang Ingin Menikah Lagi - JPNN.COM
Resepsi Pernikahan. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Pernikahan merupakan momen yang sangat dinantikan. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah menikah sebelumnya kemudian kembali berumah tangga?

Pernikahan kedua juga bisa memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalaninya.

Berbagai tantangan yang dihadapi
Menikah lagi untuk kedua kalinya membutuhkan 'keberanian' yang luar biasa. Apa pun alasan perceraian Anda sebelumnya, lembaran kehidupan baru di pernikahan kedua bisa memberikan berbagai tantangan sebagai berikut:

1. Berusaha move on
Sebelum Anda menjalin hubungan yang baru dan memutuskan untuk menikah lagi untuk kedua kalinya, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda sudah betu-betull move on atau merelakan pernikahan sebelumnya.

Pastikan bahwa pasangan Anda bukanlah sekadar 'pelarian' karena belum melupakan mantan pasangan sebelumnya. Apa pun alasan perceraian Anda sebelumnya, baik itu kematian pasangan atau hubungan yang tak lagi harmonis, sah-sah saja jika Anda memiliki masa 'berkabung' sebelum melanjutkan hubungan yang baru.

Cobalah untuk berdamai dan memaafkan diri sendiri. Seperti dilansir oleh Journal of Social and Clinical Pyschology, meski sulit, namun proses memaafkan diri sendiri dan masa lalu, akan memudahkan Anda untuk kembali membuka lembaran baru.

2. Mengambil pelajaran dari masa lalu
Pada dasarnya, di balik kesalahan dan pengalaman hidup yang Anda lewati, akan ada hal yang bisa Anda pelajari.

Semisal dahulu Anda sering bertengkar dengan mantan pasangan akibat kebiasaan buruk, kini cobalah untuk menelaah, jika memang kebiasaan Anda dapat merugikan diri sendiri serta orang lain, cobalah untuk diubah.

Pernikahan kedua juga bisa memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalaninya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close