Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasan Agus Gumiwang Berpeluang Besar Pimpin DPR

Rabu, 10 Januari 2018 – 21:17 WIB
Ini Alasan Agus Gumiwang Berpeluang Besar Pimpin DPR - JPNN.COM
Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Imparsial Al Araf mengatakan, ketua DPR pengganti Setya Novanto harus memiliki komitmen untuk mendukung agenda pemberantasan korupsi. Karena itu, kandidat dengan rekam jejak terlibat pelemahan KPK wajib dihindari.

Ketika ditanya wartawan soal bagaimana dengan salah satu kandidat ketua DPR yang menjadi inisiator Pansus KPK, apakah bisa dikatakan orang tersebut punya misi melemahkan KPK?

"Ya hal itu bisa jadi catatan publik yang akan dilihat dalam pemilihan ketua DPR kedepan," ujar Araf, Rabu (10/1).

Selain bebas dari kasus korupsi, Araf juga berpendapat bahwa Ketua DPR haruslah orang yang memiliki komitmen dalam pemajuan dan penegakan HAM. Sehingga memiliki kemauan untuk mendorong pemerintah dalam menyelesaikan kasus pelanggaran HAM.

Berdasarkan semua kriteria di atas, dia menilai Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) sebagai kandidat yang punya peluang lebih besar menjadi ketua DPR pengganti Novanto dibanding dengan kandidat lainnya.

"Saya rasa Pak Agus Gumiwang lebih berpeluang karena memiliki sikap yang jelas dalam dinamika internal Partai Golkar belakangan ini. Beliau punya keberanian, karena yang dibutuhkan Golkar sekarang adalah keberanian untuk melakukan perubahan." pungkas Araf. (dil/jpnn)

Agus Gumiwang Kartasasmita terus digadang-gadang sebagai sosok yang paling pantas untuk menjadi ketua dpr pengganti Setya Novanto

Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close