Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasan Jokowi Gelar Upacara Hari Pancasila di PHR Dumai

Sabtu, 01 Juni 2024 – 17:37 WIB
Ini Alasan Jokowi Gelar Upacara Hari Pancasila di PHR Dumai - JPNN.COM
Upacara Hari Pancasila di lapangan Garuda PHR Dumai, dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Foto:Tim Humas PHR.

jpnn.com, DUMAI - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), secara istimewa menghadiri upacara peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni 2024 di Wilayah Kerja (WK) Rokan yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Jokowi mengatakan, pemilihan lokasi upacara ini menjadi penegasan bahwa Blok Rokan merupakan simbol ketahanan energi nasional dan tulang punggung energi negeri.

“Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," ucap Jokowi.

Salah satu aset strategis bangsa yang diambil alih pemerintah Indonesia yakni Blok Rokan, yang merupakan blok migas paling produktif di Indonesia yang sebelumnya dikelola oleh perusahaan asing.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas deri ketergantungan kita pada pihak asing. Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barel per hari,” lanjutnya.

Jokowi membeberkan bahwa jumlah ini lebih tinggi dari saat dikelola oleh Caltex maupun Chevron, dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia.

Presiden ketujuh RI itu mengatakan, Blok Rokan merupakan blok migas terbesar di Indonesia, dan menjadi contoh dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional, berdiri di atas kekuatan kita sendiri," ujarnya.

Presiden Jokowi menghadiri upacara peringatan Hari Pancasila di Wilayah Kerja (WK) Rokan yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close