Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasan Rieke Menjadikan Disertasinya Buku Berjudul 'Kekerasan Simbolik Negara'

Kamis, 23 November 2023 – 13:57 WIB
Ini Alasan Rieke Menjadikan Disertasinya Buku Berjudul 'Kekerasan Simbolik Negara' - JPNN.COM
Anggota DPR RI F-PDIP Rieke Diah Pitaloka buku berjudul 'Kekerasan Simbolik Negara' dari hasil desertasi di Dapertemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, Rabu (22/11). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan Rieke Diah Pitaloka buku berjudul 'Kekerasan Simbolik Negara' dari hasil desertasi di Dapertemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, di Auditorium FISIP UI, Depok, Rabu (22/11).

Buku tersebut membahas kekerasan yang dilakukan negara, melalui data yang tidak menginformasikan kondisi dan kebutuhan riil warga, serta potensi riil perdesaan.

"Inilah poin penting yang dibahas dan saya tuangkan dengan bentuk menjadi buku dengan hasil analisis saya di tiga desa terkait persoalan data," ujar Rieke.

Dia menyebut keseluruhan desertasi dituangkan dalam buku yang merupakan deskripsi, analis, dan interpretasi atas data dan pendetaan predesaan.

Adapun desa yang menjadi fokus analisis desertasi Rieke, diantaranya, Desa Sibandang, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Desa Pantai Bakti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar.

Temuan penelitian Rieke dari tiga desa tersebut mendapati data yang direproduksi negara tidak mengintegrasikan antara data spasial dan numerik. Akibatnya, data tersebut sulit dikonfirmasi, diverifikasi, dan divalidasi.

Rieke menegaskan, data direproduksi institusi negara dengan pendekatan top down tidak melahirkan kesinambungan data.

"Inilah yang menyebabkan kualitas data negara tidak memenuhi prinsip-prinsip data yang aktual, akurat, dan relevan (pseudo data)," cetusnya.

Anggota DPR RI F-PDIP Rieke Diah Pitaloka buku berjudul 'Kekerasan Simbolik Negara' dari hasil desertasi di Dapertemen Ilmu Komunikasi FISIP UI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close