Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Arti Nama Maskot 2 Macan Putih di Pilkada Kota Cirebon

Minggu, 02 Juni 2024 – 20:06 WIB
Ini Arti Nama Maskot 2 Macan Putih di Pilkada Kota Cirebon - JPNN.COM
Seorang warga saat berfoto bersama maskot Pilkada 2024 di Kota Cirebon, Jawa Barat. ANTARA/Fathnur Rohman.

jpnn.com - CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jawa Barat menghadirkan maskot dua ekor macan putih di Pilkada 2024.

Maskot yang diberi nama Mali dan Mila digunakan sebagai sarana sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Nama dua maskot ini memiliki kepanjangan mari memilih (mali) dan memilih langsung (mila). Kami ingin mengajak pemilih untuk menyalurkan hak pilih dalam pilkada serentak," ujar Ketua KPU Kota Cirebon Mardeko di Cirebon, Minggu (2/6).

Menurut Mardeko maskot tersebut menggambarkan pemilih di Kota Cirebon dengan desain macan putih yang memakai sarung batik, membawa alat mencoblos dan memiliki tanda hitam di jari kelingking.

Menurut dia macan putih juga menyimbolkan semangat perjuangan dan keberanian dari masyarakat Kota Cirebon.

"Macan ini melambangkan semangat perjuangan serta kata macan pada dasarnya adalah singkatan dari frasa manusia cerdas dan amanah," ucapnya.

Ditegaskan pula bahwa dua maskot ini selalu hadir dalam setiap tahapan pilkada untuk menarik minat pemilih, terutama generasi muda, agar mereka menyadari pentingnya menggunakan hak suara demi memilih calon pemimpin terbaik bagi Kota Cirebon.

Dia menyebutkan peluncuran maskot juga menjadi bagian penting dalam tahapan pilkada serentak sehingga pesta demokrasi tersebut dapat terselenggara dengan baik pada tanggal 27 November 2024.

"KPU Kota Cirebon mengajak semua pihak untuk melaksanakan perhelatan pemilihan umum ini secara jujur dan adil," katanya.

Mardeko mengemukakan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai 83,44 persen dari total 252.385 nama dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di kota itu.

Tingkat partisipasi pemilih tersebut, kata dia, relatif meningkat dari realisasi pada Pemilu 2019 yang angkanya tidak melebihi 80 persen.

Kenaikan tersebut, menurut Mardeko, ??????menunjukkan mayoritas warga di Kota Cirebon sudah menyalurkan hak pilih pada tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 1.026 lokasi.

"Hadirnya maskot Mali dan Mila juga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilkada di Kota Cirebon," kata Mardeko. (Antara/jpnn)


Masyarakat Kota Cirebon perlu tahu arti nama maskot dua macan putih untuk Pilkada 2024.

Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close