Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Bukti Militer AS Sering Menyiksa Tahanan

Minggu, 07 Februari 2016 – 10:25 WIB
Ini Bukti Militer AS Sering Menyiksa Tahanan - JPNN.COM
Pentagon merilis foto penyiksaan tahanan di fasilitas penahanan AS di Irak dan Afghanistan. Foto:AFP

jpnn.com - PENGAKUAN sejumlah tahanan di Irak dan Afganistan terkait tindakan kekerasan yang dilakukan personil militer Amerika Serikat ternyata bukan isapan jempol semata. 

Jumat (7/2) Pentagon merilis 198 foto terkait tuduhan penyiksaan dan pelecehan tahanan di Irak dan Afghanistan. 

Sebagian besar foto close-up menunjukkan dengan jelas luka dan memar di lengan dan kaki tahanan yang mendekam di fasilitas penahanan Amerika Serikat. 

Foto-foto tersebut berasal dari hasil investigasi kriminal terhadap 56 dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh personel militer AS. 

Sebanyak 14 dugaan itu didukung oleh bukti-bukti yang kuat dan bahkan berujung pada penjatuhan hukuman penjara seumur hidup.

American Civil Liberties Union (ACLU) yang mengajukan gugatan Undang-Undang Kebebasan informasi lebih dari satu dekade lalu untuk atas foto-foto itu, mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 2.000 foto penyiksaan tahanan AS yang sebagian besar belum pernah dipublikasikan sebelumnya. 

"Gambar-gambar yang masih rahasia merupakan bukti terbaik dari pelanggaran serius yang terjadi di pusat-pusat penahanan militer," kata Wakil Direktur Hukum ACLU, Jameel Jaffer dalam sebuah pernyataan.(ray/jpnn)

PENGAKUAN sejumlah tahanan di Irak dan Afganistan terkait tindakan kekerasan yang dilakukan personil militer Amerika Serikat ternyata bukan isapan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close