Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Daerah yang Berpotensi Tenggelam

Kamis, 23 Januari 2020 – 06:00 WIB
Ini Daerah yang Berpotensi Tenggelam - JPNN.COM
Tanggul penahan ombak tinggi yang rusak. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, KUDUS - Pakar Geodesi dan Geomatika ITB Heri Andreas menyebutkan, wilayah pesisir di Indonesia berpotensi tenggelam. Penyebabnya, menurut dia, karena faktor antropogenik atau peran manusia.

"Faktornya yakni banyaknya pembakaran fosil, karbondioksida berlebih dan efek rumah kaca," ujarnya saat menjadi pemateri Nusantara tenggelam yang diadakan Forum Kalen bersama dengan STIBI Syeh Jangkung Pati di Rumah Makan Pukwe Kudus, Rabu (22/1).

Ia mencontohkan Jakarta. Kata dia, Jakarta saat ini merupakan Ibu Kota Negara di dunia yang paling berpotensi untuk tenggelam wilayah pesisirnya.

Selain Jakarta, dia juga menyebut Kota Pekalongan. Menurut dia, Pekalongan merupakan kota di dunia yang paling berpotensi cepat hilang tenggelam ke dalam laut.

Ia mengungkapkan, suhu saat ini meningkat hingga dua derajat dan dampaknya tentu sangat luar biasa.

Ketika suhu di dunia ini selalu meningkat, katanya, akan berdampak pada cairnya es di kutub utara, sehingga ketika es mencair akan menambah volume air di laut.

"Maka di dunia terjadi kenaikan muka air laut. Di Indonesia ini cukup tinggi, sekitar 1 centimeter mengalami kenaikan air laut," ujarnya.

Ketika terjadi kenaikan air laut, maka akhirnya skenario es mencair di wilayah pesisir akan berpotensi tergenang, bahkan bisa tenggelam.

Menurut pakar dari ITB, selain Jakarta ada juga Pekalongan dan daerah lain di pesisir utara yang rawan tenggelam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close