Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Dampak Facebook pada Kesehatan Mental

Senin, 02 September 2019 – 10:55 WIB
Ini Dampak Facebook pada Kesehatan Mental - JPNN.COM
Ilustrasi Facebook di smartphone. Foto : The National

jpnn.com - BANYAK dari kita sulit membayangkan dunia tanpa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir para peneliti telah mempertanyakan apakah kehadiran media sosial ini adalah hal yang baik.

Faktanya, beberapa penelitian menemukan bahwa Instagram, Facebook dan platform serupa lainnya bisa merusak kesehatan mental penggunanya.

Namun, menurut sebuah studi baru, hal itu mungkin saja tidak benar. Media sosial sebenarnya bisa mengurangi risiko orang dewasa mengalami depresi atau kecemasan - dan ya, itu berarti Facebook mungkin baik untuk kesehatan mental Anda.

BACA JUGA : Facebook Belum Yakin Warganet Tahu Jika Instagram dan WhatsApp Miliknya

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Computer Mediated-Communication ini menganalisis data dari 13.000 hubungan orang dewasa dalam Panel Study of Income Dynamics , survei rumah tangga terpanjang di dunia.

Para peneliti menemukan pengguna media sosial adalah 63 persen lebih kecil untuk mengalami masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan, daripada mereka yang tidak menggunakan platform-platform ini, dan alasannya sederhana.

"Platform ini memudahkan individu untuk tetap terhubung - dengan anggota keluarga dan mendapatkan informasi kesehatan penting," kata Keith Hampton, ketua peneliti dan profesor media dan informasi di Michigan State University, seperti dilansir laman Sheknows.

Dalam beberapa tahun terakhir para peneliti telah mempertanyakan apakah kehadiran media sosial termasuk Facebook.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close