Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Jurus PDIP Memajukan Pariwisata dan Kuliner Nusantara

Sabtu, 30 September 2017 – 17:27 WIB
Ini Jurus PDIP Memajukan Pariwisata dan Kuliner Nusantara - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membuka rapat koordinasi bidang pariwisata di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9). Foto: PDIP for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan berupaya mengambil peran dalam pengembangan pariwisata dan kuliner tanah air. Untuk itu, DPP PDIP Bidang Pariwisata menggelar rapat koordinasi (rakor) dan seminar nasional bertema Merekatkan Kebinekaan Melalui Pariwisata dan Kuliner di Jakarta, Sabtu (30/9).

Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani mengatakan, pelaksanaan rakor itu merupakan bagian dari rekomendasi Rakernas II PDIP pada 21 Mei 2017 yang lalu. Anggota Komisi X DPR itu menegaskan, pariwisata sudah menjadi bagian dari program kerja partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Menurut Wiryanti, rakor bidang pariwisata yang digelar di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat itu sengaja mengusung tema Merekatkan Kebinekaan melalui Pariwisata dan Kuliner. Wiryanti menyebut tema itu sesuai dengan kondisi geografis Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dan Miangas hingga Rote.

Indonesia, katanya, juga memiliki 1.340 suku bangsa dengan beraneka ragam budaya. ”Keanekaragaman inilah yang menjadi nilai beda dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia,” kata Wiryanti.

Rakor yang dibuka Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto itu juga disemarakkan dengan pameran kuliner dan seminar nasional. Untuk pameran bertema Pesona Kuliner Nusantara sudah digelar di Taman Mini Indonesia Indah sejak kemarin (29/9) dan akan berakhir besik (1/10).

Sedangkan untuk rakor bidang pariwisata, PDIP mengundang para tokoh berkompeten. Antara lain Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

DPP PDIP juga mengundang praktisi untuk menjadi pembicara dalam rakor itu. Di antaranya CEO Panorama Group Budi Tirtawisata dan mantan Wakil Menteri Pariwisata Sapta Nirwandar.

Kegiatan seminar itu diikuti oleh sekitar 310 orang peserta yang meliputi unsur fungsionaris DPP PDI Perjuangan, anggota Komisi V dan Komisi X DPR dari Fraksi PDIP, fungsionaris DPD dan DPC PDIP dari 34 provinsi. Para kepala daerah asal PDIP yang memimpin wilayah destinasi wisata, baik dalam kategori Daerah Pariwisata Nasional (DPN), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ataupun Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) juga mengikuti seminar itu.

PDIP mendorong pembangunan pariwisata di seluruh wilayah Indonesia. Sebab, sudah saatnya Indonesia mengubah potensi menjadi performance.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close