Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Kata Jokowi di Hari Lahir Pancasila

Senin, 01 Juni 2020 – 14:16 WIB
Ini Kata Jokowi di Hari Lahir Pancasila - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan Pancasila selalu menjadi penggerak dan pemersatu bangsa dalam menghadapi serta mengatasi segala tantangan.

Karena itu, pria yang akrab disapa Jokowi ini mengharapkan masyarakat menerapkan nilai-nilai Pancasila dihadirkan secara nyata dalam keseharian dan kehidupan masyarakat.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memperingati Hari Lahir Pancasila yang pada kali ini digelar melalui telekonferensi dari Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6).

"Dalam menghadapi semua ujian, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian untuk saling berbagi, memperkukuh persaudaraan dan kegotongroyongan untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhan daya juang dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi," ujar Jokowi dalam amanatnya kepada masyarakat.

Ini Kata Jokowi di Hari Lahir Pancasila
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Negara

Sejalan dengan hal tersebut, nilai-nilai Pancasila harus terwujud nyata dan bekerja dalam kehidupan, dalam kebijakan dan keputusan pemerintah.

"Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," kata Jokowi.

Tema 'Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju' yang diangkat dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menjadi sangat relevan dengan situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan bahwa tahun ini atau bahkan tahun depan, Indonesia masih akan menghadapi situasi yang sulit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close