Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Komitmen Kang Emil soal Pengembangan Pencak Silat di Jabar

Selasa, 13 September 2022 – 03:00 WIB
Ini Komitmen Kang Emil soal Pengembangan Pencak Silat di Jabar - JPNN.COM
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berkomitmen memajukan cabor pencak silat. Foto: Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serius mengembangkan cabang olahraga (cabor) pencak silat agar terus berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Buktinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyediakan lahan 8 hektare untuk padepokan pencak silat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, yang arsitekturnya didesain pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

"Pencak silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kami lestarikan dengan mengumandangkan Hari Pencak Silat Jabar 12 Desember," katanya.

Hal tersebut dikatakan Ridwan pada pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin.

Jabar berupaya menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk pencak silat yang kerap berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional.

"Kontingen Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional," kata Ridwan.

Upaya menjaga pencak silat telah dilakukan dengan melobi Unesco supaya menjadikan pencak silat sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Kang Emil mengharapkan pencak silat tidak hanya sukses sebagai cabang olahraga, seni dan budaya, tapi juga sebagai media pembentukan watak dan karakter unggul dan tangguh.

Ridwan Kamil berkomitmen terus mengembangkan cabor pencak silat di Jawa Barat agar bisa berprestasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close