Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Lokasi yang Akan Dibangun Bandara di IKN Nusantara

Rabu, 23 Februari 2022 – 04:19 WIB
Ini Lokasi yang Akan Dibangun Bandara di IKN Nusantara - JPNN.COM
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (paling kanan) dan Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) ketika meninjau lokasi bakal bandara yang akan dibangun di kawasan IKN Nusantara. Foto: Humas Pemprov Kaltim

jpnn.com, BALIKPAPAN - Persiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tengah digencarkan.

Teranyar, giliran Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang datang meninjau kesiapan pembangunan infrastruktur bandara, yang rencananya akan dibangun di lokasi IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. 

Budi Karya Sumadi beserta rombongannya tiba di Bandara SAMS Balikpapan Senin (21/2). Dalam kunjungan kerjanya itu, menhub turut didampingi Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Tinjauan ke lokasi pembangunan bandara dengan menggunakan helikopter.

"Bersama Pak Menteri Perhubungan, kami melihat lokasi yang rencananya dibangun bandara di kawasan IKN Nusantara,” kata Gubernur Isran melalui keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan bandara rencananya akan dibangun di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Lokasinya berjarak 20 kilometer dari titik nol atau Istana Negara.

Pembangunan bandara dilakukan di sana dengan pertimbangan keamanan, sehingga tidak boleh terlalu dekat dengan istana yang nantinya dibangun di IKN Nusantara.

“Kira-kira kalau dihitung garis lurus berjarak sekitar 20 km dari titik nol atau istana negara,” bebernya.

Isran mengatakan bandara yang akan dibangun di IKN Nusantara tersebut dikhususkan bagi para pejabat, tamu negara VVIP serta digunakan untuk keperluan militer.

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan pembangunan infrastruktur bandara, yang rencananya akan dibangun di lokasi IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close