Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Peran Bea Cukai Mataram Dukung Kelancaran Logistik MXGP 2024 di Lombok

Senin, 01 Juli 2024 – 16:10 WIB
Ini Peran Bea Cukai Mataram Dukung Kelancaran Logistik MXGP 2024 di Lombok - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai Mataram event ini adalah melakukan pemeriksaan fisik terhadap logistik MXGP 2024. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, LOMBOK - Bea Cukai sebagai instansi yang mengemban fungsi sebagai trade facilitator turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang balap Motorcross Grand Prix (MXGP) 2024 yang digelar di eks Bandara Selaparang, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MXGP Seri ke-11 sukses digelar selama dua hari pada Sabtu (29/6) dan Minggu (30/6).

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram Adi Cahyanto mengungkapkan instansinya telah melaksanakan pengawasan dan pelayanan terhadap logistik yang digunakan dalam mendukung penyelenggaraan ajang balap tersebut pada Kamis (27/06).

“Pemasukan logistik MXGP menggunakan skema impor sementara menggunakan dokumen ATA Carnet (Admission Temporaire/Temporary Admission Carnet),” kata Adi dalam keterangan resminya, Senin (1/7).

Adi menjelaskan ATA Carnet merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang memungkinkan barang yang ditujukan untuk pameran, kegiatan olahraga, atau acara komersial untuk masuk ke dalam suatu negara tanpa perlu membayar bea masuk dan pajak selama barang tersebut akan re-ekspor dalam jangka waktu tertentu.

Dia menyampaikan peran Bea Cukai Mataram dalam penyelenggaraan event ini adalah melakukan pemeriksaan fisik terhadap logistik MXGP.

"Terdapat 28 dokumen ATA Carnet yang dilakukan pemeriksaan oleh Bea Cukai Mataram,” sebut Adi.

Adi juga menyampaikan pemanfaatan ATA Carnet dapat mengurangi hambatan birokrasi dan mempercepat proses pemeriksaan sehingga memungkinkan penyelenggara dan peserta dari berbagai negara untuk fokus pada kegiatan mereka tanpa khawatir akan proses impor barang yang rumit.

Bea Cukai Mataram turut berperan dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang MXGP 2024 di Lombok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close