Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Persamaan Antara Pembayun dengan HB X Sebelum Jadi Raja

Sabtu, 09 Mei 2015 – 06:25 WIB
Ini Persamaan Antara Pembayun dengan HB X Sebelum Jadi Raja - JPNN.COM
Ilustrasi FOTO: dok/radar jogja

jpnn.com - Sri Sultan Hamengku Buwono X telah mengeluarkan sabdaraja dan dawuhraja yang salah satunya memberi putri sulungnya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun gelar Mangkubumi. Dengan gelar tersebut, Pembayun pun disebut-sebut bakal menjadi penerus takhta Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. 

Ada beberapa hal menarik tentang dawuhraja yang dikeluarkan HB X dengan dipersiapkannya Pembayun  sebagai penerus takhta. 

Persamaan itu adalah, umur Pembayun saat diangkat sebagai putri mahkota dengan umur HB saat dinobatkan sebagai calon penerus kerajaan sama. Ya, saat ditunjuk, keduanya sama-sama berusia 43 tahun. 

Untuk diketahui, Pembayun lahir di Bogor pada 24 Februari 1972. Ia dilahirkan dengan nama kecil Gusti Raden Ajeng (GRAj) Nurmalitasari. 

Ini Persamaan Antara Pembayun dengan HB X Sebelum Jadi Raja

Putri HB X, GKR Pembayun yang kini mendapat gelar Mangkubumi. FOTO: RADAR JOGJA

Sedangkan HB X lahir pada 4 April 1946. Dilahirkan dengan nama Bandara Raden Mas (BRM) Herjuno Darpito, HB X dinobatkan sebagai putra mahkota pada 7 Maret 1989. 

Selain itu, saat diangkat sebagai putra mahkota mereka sama-sama diberi gelar Mangkubumi.

Sri Sultan Hamengku Buwono X telah mengeluarkan sabdaraja dan dawuhraja yang salah satunya memberi putri sulungnya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close