Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Sapi dari Jokowi untuk Kurban di Sultra, Jenisnya Simental, Bobotnya Berapa ya?

Senin, 27 Juli 2020 – 14:07 WIB
Ini Sapi dari Jokowi untuk Kurban di Sultra, Jenisnya Simental, Bobotnya Berapa ya? - JPNN.COM
Salah satu jenis sapi simental yang kini dikembangkan peternak di Kecamatan Konda, kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Foto: ANTARA/Azis Senong

jpnn.com, KENDARI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang satu ekor sapi jenis Simental sebagai hewan kurban yang akan dipotong saat pelaksanaan hari Raya Iduladha 1441 Hijriah di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Sultra H. Beangga Harianto mengatakan untuk sapi kurban dari Presiden telah disiapkan dan sapi tersebut masih dalam perawatan.

"Karena sapi tersebut harus benar–benar sehat sebelum nantinya disembelih untuk dijadikan hewan kurban," katanya, Senin (27/7).

Menurut Beangga Harianto, sapi kurban dari Presiden untuk Sultra tersebut telah sesuai dengan standar dan berat sapi yang telah ditentukan oleh pihak Istana Kepresidenan ke Pemprov Sulawesi Tenggara.

"Jadi untuk sapi tersebut sudah disiapkan karena itu harus betul-betul steril mulai dari beratnya sampai kesehatanannya termasuk pemotongannya harus terjaga," tutur Beangga Harianto.

Sementara itu Plt Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra Ari Sismanto menjelaskan sapi kurban dari Presiden Jokowi yang telah disiapkan berjenis Simental dengan bobot 900 kilogram lebih saat ini berada di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan dan rencananya penyembelihannya akan dilakukan di Masjid Raya Al Kautsar Kota Kendari.

Lebih lanjut mantan Kadis pertanian Konsel itu untuk kondisi kesehatan sapi kurban dari presiden saat ini masih dalam pantauan pihaknya dan rencananya sapi itu akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sultra Ali Mazi ke pihak pengurus Masjid Al Kautsar.

"Kesiapan sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada tahun ini sebanyak 33 ribu ekor atau masih sangat mencukupi kebutuhan hewan kurban di Sultra," ungkapnya. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Sapi kurban dari Presiden Jokowi yang telah disiapkan berjenis Simental dan akan diserahkan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close