Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Sejumlah Ketentuan Pendaftaran Bagi Calon Penerima KIP Kuliah 2024

Rabu, 14 Februari 2024 – 18:53 WIB
Ini Sejumlah Ketentuan Pendaftaran Bagi Calon Penerima KIP Kuliah 2024 - JPNN.COM
Kemendikbudristek menyampaikan sejumlah ketentuan pendaftaran bagi calon penerima KIP Kuliah 2024. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka kembali pendaftaran KIP Kuliah Merdeka pada 12 Februari.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar mengungkapkan belum semua siswa lulusan SMA sederajat dari seluruh Indonesia memiliki KIP sekolah menengah atau terdata dalam basis data kesejahteraan sosial. 

Oleh karena itu, jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari empat kriteria, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin atau rentan miskin sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Ketentuannya adalah bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4 juta setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750 ribu," terang Abdul Kahar, Rabu (14/2).

Ketentuan lainnya adalah bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

Menurutnya, program KIP Kuliah Merdeka bukan sekadar program bantuan sosial yang memberikan bantuan uang kepada penerima.

Namun, merupakan sebuah program investasi bangsa melalui peningkatan akses bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin. 

Dengan KIP Kuliah Merdeka diharapkan seluruh mahasiswa penerima dapat melaksanakan kuliah dengan baik, lulus tepat waktu, mendapatkan prestasi akademik terbaik sehingga bisa bekerja, berkarya untuk meningkatkan ekonomi keluarga sekaligus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. 

Kemendikbudristek menyampaikan sejumlah ketentuan pendaftaran bagi calon penerima KIP Kuliah 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close