Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Soal Karir, Ini Bisnis Sepak Bola

Kamis, 15 Juli 2010 – 08:33 WIB
Ini Soal Karir, Ini Bisnis Sepak Bola - JPNN.COM
BEDA - Yang 'bersinar' dan yang 'memudar', Diego Forlan dan Thierry Henry. Foto: Internet.
SABAN tahun, bahkan biasanya bisa dua kali setahun, setiap pergantian musim atau juga di periode jeda kompetisi, bursa transfer pemain sepakbola selalu menjadi perbincangan dan patut mendapat sorotan. Namun, sedikit berbeda dengan momen tahunan yang lebih dilandasi keinginan klub semata, dengan mempertimbangkan faktor performa masing-masing pemain di klubnya, pasca perhelatan piala dunia (PD) selalu lebih luar biasa.

Pasalnya, dalam perhelatan turnamen akbar itu, ada saja bintang-bintang yang ketika di klub kurang mendapat perhatian, justru bersinar hebat dalam penampilan bersama timnasnya. Otomatis akibatnya, nama dan reputasi sang pemain akan melonjak, yang berdampak pada posisinya di daftar teratas incaran klub-klub besar. Sementara sebaliknya, ada bintang yang ternyata kurang bersinar, lantas bisa saja juga 'menurun' reputasinya dan selanjutnya berpotensi terancam karir klubnya.

Dengan posisi sebagai juara PD 2010, Spanyol saat ini menjadi pusat perhatian. Itu juga yang terjadi di level kompetisi antar klub, terutama di daratan Eropa - sebagai 'kiblat' sepakbola profesional jika bukan bisa disebut sebagai pusatnya industri sepakbola. Perhatian terutama berpusat kepada para punggawa tim Matador (julukan Spanyol), juga terhadap sejumlah klub elit di kompetisinya, antara lain yakni Barcelona dan Real Madrid.

Dari daftar skuad La Furia Roja (julukan Spanyol lainnya), dua sosok yang termasuk menjadi pusat perhatian saat ini adalah Cesc Fabregas dan Fernando Torres. Seperti diketahui, keduanya saat ini bermain di dua klub English Peemier League atau EPL (Liga Inggris), yakni Arsenal dan Liverpool. Fabregas kini santer diisukann bakal pindah dari Arsenal (konon ke Barcelona seperti harapan banyak orang, Red), sementara kelanjutan karir Torres di The Reds - julukan Liverpool - pun menjadi pertanyaan. Namun yang pasti, sejauh ini belum ada informasi valid mengenai hal itu.

SABAN tahun, bahkan biasanya bisa dua kali setahun, setiap pergantian musim atau juga di periode jeda kompetisi, bursa transfer pemain sepakbola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close