Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini soal Kedaulatan, Politikus Gerindra Serukan Dukungan untuk Menteri Susi

Minggu, 31 Januari 2016 – 17:16 WIB
Ini soal Kedaulatan, Politikus Gerindra Serukan Dukungan untuk Menteri Susi - JPNN.COM
Dasco Gerindra. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad menyerukan dukungan untuk Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, yang digugat perusahaan asal Thailand terkait tindakan tegas Susi menangkap kapal MV Silver Sea 2 dalam kasus pencurian ikan.

Diketahui, kapal tersebut ditangkap di perairan Sabang, Aceh, ketika melalukan aktifitas bongkar muat hasil tangkapan mereka di tengah laut. Kapal tersebut diamankan TNI Angkatan Laut.

"Menteri Susi harus didukung dalam kasus gugatan kapal Thailand, terlepas dari masalah teknis penyidikan, ketegasan Menteri Susi terhadap kapal asing pencuri ikan sudah sangat tepat," kata Dasco melalui pesan singkat, Minggu (31/1).

Dikatakan Dasco, masalah ini sebenarnya bukan lagi pidana, tapi sudah merupakan pelanggaran kedaulatan yan sangat serius. Tanpa ada ketegasan pemerintah, maka situasi akan semakin sulit.

"Yang paling bahaya jika pelanggaran kedaulatan tersebut terus ditolerir adalah kapal-kapal ikan asing itu bisa digunakan jaringan teroris untuk selundupkan senjata. Kita tahu garis pantai kita begitu panjang, dan tentu sangat rawan," jelasnya.

Wakeyum DPP Gerindra itu juga menyatakan, Menteri Susi tidak boleh dibiarkan sendiri menghadapi serangan balik dari para pencuri ikan asing tersebut, karena soal kedaulatan adalah masalah bersama bangsa ini.

"Yang saya tahu gugatan kapal Thailand hanya mengenai prosedur penyidikan, tidak masuk ke substansi. Kalau benar demikian penyidik DKP tinggal memperbaiki saja aspek formal penyidilan dan segera melimpahkan ke pengadilan," pungkasnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad menyerukan dukungan untuk Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, yang digugat perusahaan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close