Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Upaya BWA Bantu Ribuan Santri di Tegal Peroleh Air Bersih

Minggu, 01 Januari 2023 – 22:40 WIB
Ini Upaya BWA Bantu Ribuan Santri di Tegal Peroleh Air Bersih - JPNN.COM
BWA berupaya membantu ribuan santri di Tegal, dalam memperoleh air bersih melalui program WAFP. Foto: dok. BWA

jpnn.com, TEGAL - Badan Wakaf Al-Quran (BWA) menggesa pekerjaan proyek wakaf sarana air bersih melalui program Water Action for People (WAFP) pada akhir 2022.

Pada Desember 2022, BWA meresmikan tiga proyek wakaf air sekaligus, yakni di Pondok Pesantren Darunnajat, Pondok Pesantren Mafatihul Huda Al-Ihsani dan Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Al-Umri Desa Yamansari.

Pada 2020, BWA juga meresmikan dua wakaf sarana air bersih, yakni di Pondok Pesantren Attholibiyah dan Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin, Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Total jumlah santri dan warga pesantren yang menjadi penerima manfaat wakaf di lima pesantren lebih dari 3.000 orang.

"Kami sengaja menggesa pekerjaan dan peresmian proyek WAFP di Kota Tegal ini agar sesuai dengan target program kerja Tahun 2022," kata Trisilo Broto Head of Engineering BWA dalam keterangan tertulis, Minnggu (1/1).

Menurutnya, dengan pencampaian target penyelesaian proyek diharapkan sarana air bersih ini dapat segera dinikmati oleh para santri dan masyarakat penerima wakaf.

Pada proses pengerjaan Proyek Wakaf Sarana Air Bersih ini, BWA membangun fasilitas bak penampungan air utama dari sumber mata air terdekat untuk kemudian dialirkan ke bak penampungan warga dan pesantren.

Air dari bak penampungan utama mengalir dengan system grafitasi berjarak sekitar 2 km dari sumber mata air. Instalasi keseluruhan menggunakan pipa HDPE yang dapat bertahan lebih dari 25 tahun.

BWA berupaya membantu ribuan santri di Tegal, dalam memperoleh air bersih melalui program WAFP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close