Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Beefalo, Hasil Kawin Silang antara Sapi Australia dengan Kerbau Amerika

Senin, 20 Oktober 2014 – 19:30 WIB
Inilah Beefalo, Hasil Kawin Silang antara Sapi Australia dengan Kerbau Amerika - JPNN.COM
Daging sapi Australia (Ilustrasi). Foto Pixabay

Satu-satunya ternak eksperimental ‘Beefalo’ di negara bagian Queensland akhirnya membuahkan hasil. Beefalo adalah hasil kawin silang antara sapi lokal Australia dengan bison atau kerbau asal Amerika Serikat.

Peternak Beefalo dari Queensland Utara, Christina della Valle, telah merawat ternaknya di peternakan Proserpine, selama 15 tahun.

Tiap tahun, ia melahirkan hampir 30 anak Beefalo, yang ia kembangkan berat badannya hingga sekitar 400 kilogram pada usia 2,5 tahun.

Christina, yang juga beternak babi organik, menjelaskan, proses kawin silang ini adalah salah satu ‘usaha gilanya’.

“Saya terpesona dengan ide pembuahan buatan antara sapi droughtmaster saya dan sperma Beefalo, karena ini genetis, dan hal yang berbau genetis adalah kesukaan saya. Saya tak punya bibit kerbau sedari awal. Saya mulai dengan sperma Beefalo dari Amerika,” jelasnya.

Ia menjual daging Beefalo di sejumlah pasar di Queensland utara dan mengatakan, para pelanggan yang mencobanya pertama kali akan datang untuk kali berikutnya.

“Definisi saya tentang Beefalo yaitu daging sapi dengan sentuhan daging kerbau, dan sentuhan daging kerbau itu yang membuat dagingnya tak berlemak, cantik dan sehat,” tuturnya.

Ia mengatakan, agar daging cocok dengan kriteria ‘Beefalo’, keturunan silangnya harus memiliki setidaknya 17% atau lebih gen kerbau.

Satu-satunya ternak eksperimental ‘Beefalo’ di negara bagian Queensland akhirnya membuahkan hasil. Beefalo adalah hasil kawin silang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close