Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Cara Anak Muda Australia Melawan Radikalisasi

Rabu, 23 September 2015 – 07:49 WIB
Inilah Cara Anak Muda Australia Melawan Radikalisasi - JPNN.COM

Radikalisasi yang dijalankan kelompok teroris seperti ISIS menimbulkan keprihatian di kalangan masyarakat Muslim, termasuk di Australia. Bagaimana cara mereka melawan radikalisasi tersebut?

 

Salah satunya adalah dengan mendorong anak-anak muda Muslim membuat aplikasi digital untuk ponsel pintar melalui forum bernama MyHack.

Forum ini diselenggarakan oleh sekelompok anak muda yang tergabung dalam People Against Violent Extremism dan didukung Pemerintah Australia.

Event ini digelar selama tiga hari sejak 23 September di lokasi yang pernah menuai sorotan menyusul terjadinya serangkaian penggerebekan, termasuk operasi yang menurut polisi berhasil menggagalkan rencana serangan yang diinspirasi ISIS pada Hari Anzac lalu.

Koordinator MyHack Australia, Abdullahi Alim, mengatakan program ini bertujuan untuk mempromosikan kohesi sosial serta memerangi berkembangnya radikalisasi dari dalam rumah.

"Ada konsepsi tradisional atau lebih tepatnya kesalahpahaman, kalau melawan kekerasan ekstremisme adalah semata-mata masalah pemerintah. Apa kami lakukan adalah melibatkan berbagai aktor kunci di masyarakat," katanya.

"Saya pikir program ini sangat relevan di Melbourne mengingat penggerebekan yang terjadi baru-baru ini. Ada banyak isu di sana," katanya.

Radikalisasi yang dijalankan kelompok teroris seperti ISIS menimbulkan keprihatian di kalangan masyarakat Muslim, termasuk di Australia. Bagaimana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA