Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Daftar Nama SPK SD yang Kantongi Izin Kemendikbud

Senin, 27 Juli 2020 – 17:07 WIB
Inilah Daftar Nama SPK SD yang Kantongi Izin Kemendikbud - JPNN.COM
Kantor Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Foto: Ricardo/JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK) yang dulu disebut sebagai sekolah internasional, merupakan satuan pendidikan yang diselenggarakan atau dikelola atas dasar kerja sama antara Lembaga Pendidikan Asing (LPA) dengan lembaga pendidikan Indonesia.

Berdasarkan aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) status sekolah internasional ini telah diganti dengan nama SPK.

Hal ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 31 Tahun 2014 sehingga per 31 Desember 2014, semua sekolah internasional di Indonesia berubah status menjadi SPK.

Pengurus Yayasan Springfield Dr Peter Lau meminta masyarakat hati-hati memilih sekolah SPK.

Sebab, tidak semua sekolah swasta yang mahal bayarannya adalah SPK.

"Ciri utama SPK adalah menggunakan kurikulum asing. Ditambah dengan kurikulum nasional khusus tiga mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, dan Bahasa Indonesia," terang Peter.

Anita Purnomosari dari IPH SCHOOLS mengatakan, untuk melihat apakah sekolahnya benar-benar SPK, selain terdaftar di Kemendikbud, juga dilihat dari kurikulumnya.

SPK yang asli benar-benar bekerja sama dengan LPA. Jadi ketika dilaksanakan ujian, LPA lah yang menguji siswa, bukan sekolahnya. Selain itu, nama-nama SPK harus terdaftar di Kemendikbud. (esy/jpnn)

Selengkapnya:
Lihat Daftar Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) Jenjang SD

Masyarakat yang ingin anaknya sekolah di SPK sebaiknya memastikan dulu, apakah sekolah tersebut terdaftar di Kemendikbud atau tidak

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close