Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Perdana Menteri Baru Italia, Banyak Pihak yang Meragukannya

Sabtu, 13 Februari 2021 – 23:17 WIB
Inilah Perdana Menteri Baru Italia, Banyak Pihak yang Meragukannya - JPNN.COM
Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Foto: Antara

jpnn.com, ROMA - Eks kepala Bank Sentral Eropa Mario Draghi resmi menjabat sebagai perdana menteri di Italia setelah ia mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Sergio Mattarella, Sabtu (13/2).

Draghi diharapkan dapat menyatukan seluruh kalangan di Italia demi menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Hampir seluruh partai-partai besar di Italia mendukung penunjukan Draghi. Kabinet pemerintahan Draghi pun diisi oleh politisi dari berbagai kelompok politik serta para teknokrat yang mengisi jabatan penting seperti Kementerian Keuangan dan otoritas yang mengatur transisi ke energi bersih.

Banyak orang yang menggantungkan harapan ke pundak Draghi.

Draghi, yang punya latar belakang sebagai ekonom, mengemban tugas untuk memulihkan perekonomian di Italia yang terpuruk akibat pandemi.

Ia juga harus menyusun rencana bagaimana mengalokasikan dana lebih dari EUR 200 miliar (sekitar Rp 3.353 triliun) yang diberikan oleh Uni Eropa untuk bangkit dari resesi.

Jika Draghi berhasil, maka ia turut memperkuat stabilitas di Eropa yang lama berusaha mengatasi krisis di Italia. Draghi, apabila berhasil, juga akan meyakinkan sekutu Italia di Utara yang skeptis terhadap Roma.

Kepercayaan itu dapat berujung pada bantuan dana ke negara-negara lebih miskin di selatan. Bantuan dana itu diyakini dapat memperkuat stabilitas di seluruh kawasan.

Eks kepala Bank Sentral Eropa Mario Draghi resmi menjabat sebagai perdana menteri di Italia setelah ia mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Sergio Mattarella

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close