Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Perintah Jokowi kepada Kasad yang Baru, Ada Misi soal Pemilu

Rabu, 25 Oktober 2023 – 12:01 WIB
Inilah Perintah Jokowi kepada Kasad yang Baru, Ada Misi soal Pemilu - JPNN.COM
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto menjawab pertanyaan media usai dilantik sebagai Kasad di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menjaga kondusivitas selama Pemilu 2024.

“Kami lihat ada 802 ribu tempat pemungutan suara (TPS), nanti saya bersama Polri dan seluruh elemen masyarakat akan mengamankan semua TPS sehingga pada saat pencoblosan itu. Kami tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja sama untuk menciptakan situasi kondusif di wilayah Indonesia,” kata Agus setelah acara pelantikan dirinya sebagai Kasad TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10).

Eks Komandan Paspampres itu menjelaskan setiap Komando Daerah Militer (Kodam) telah memiliki rencana kontijensi, termasuk di antaranya untuk mewaspadai potensi kerawanan pemilu mendatang.

“Para Pangdam nanti akan memaparkan ke saya tentang rencana kontijensi, demikian juga untuk kerawanan-kerawanan pemilu ini,” kata dia.

Agus memastikan bahwa TNI akan tetap menjaga netralitas selama Pemilu 2024.

“Kami akan netral,” kata dia, menegaskan.

Jenderal Agus Subiyanto dilantik sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purna bakti pada 19 November 2023.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 yang meniti kariernya sebagai seorang perwira pertama di lingkungan Korps Baret Merah (Kopassus) itu sebelumnya mendampingi Jenderal Dudung sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD pada 2022 sampai dengan 25 Oktober 2023.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Agus Subiyanto memastikan pihaknya akan tetap menjaga netralitas selama Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close