Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Sosok 'Crabman', Penyelamat Lingkungan Perairan di Queensland

Kamis, 09 April 2015 – 09:31 WIB
Inilah Sosok 'Crabman', Penyelamat Lingkungan Perairan di Queensland - JPNN.COM

Layaknya Superman dan Batman, seorang warga asal Brisbane berusaha menjadi pahlawan. Bedanya, ia ingin menyelamatkan ekosistem hewan-hewan lunak di perairan, seperti kepiting, udang, atau lobster.

Nama asli dari superhero yang dikenal dengan sebutan 'Crabman' ini adalah Gavin.

Gavin menggunakan teknologi jejaring sosial untuk mengawasi dan melaporkan penangkapan kepiting secara ilegal di kawasan Moreton Bay, Queensland tenggara.

Tak hanya itu, 'Crabman' pun berusaha untuk memberikan edukasi kepada para nelayan soal penangkapan kepiting-kepiting dan hewan lunak yang masih kecil dan dampaknya bagi perairan di kawasan tersebut.

Inilah Sosok 'Crabman', Penyelamat Lingkungan Perairan di Queensland
Gavin dikenal sebagai Crabman tidak terlalu ingin identitasnya diketahui orang demi operasi penyelamatan lingkungannya.Foto: Jessica Hinchliffe.

 

'Crabman' mengawali upaya penyelematannya lewat laman Facebook 'Crab Watch Queensand' yang dibuatnya sekitar setahun lalu. Lamannya ini telah memiliki 9.000 pengikut. Sejumlah foto dan video dari 'para pelanggar' penangkapan kepiting dan hewan lunak kerap ia unggah ke lamannya ini.

"Setiap minggunya kami pergi ke dermaga dan kami melihat ada orang-orang yang mengambil kepiting yang masih kecil," kata Gavin. "Kemudian beberapa anak dari kawasan ini terus melihat masalah ini dan kami mulai mencatat informasi."

Gavin mengatakan upaya yang dilakukannya sebenarnya bukan untuk menghentikan penangkapan hewan lunak, seperti kepiting yang ilegal. Ia hanya ingin mengetahui informasi.

Layaknya Superman dan Batman, seorang warga asal Brisbane berusaha menjadi pahlawan. Bedanya, ia ingin menyelamatkan ekosistem hewan-hewan lunak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA