Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Innalillahi, Bayi Meninggal Diduga Terpapar Kabut Asap

Kamis, 19 September 2019 – 22:22 WIB
Innalillahi, Bayi Meninggal Diduga Terpapar Kabut Asap - JPNN.COM
Seorang bayi di Kota Pekanbaru meninggal dunia diduga akibat paparan kabut asap pekat yang terjadi di Riau. Foto: Vera Lusiana/Antara

jpnn.com, PEKANBARU - Seorang bayi dari pasangan Evan Zendrato dan Lasmayani Zega meninggal dunia diduga akibat paparan kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Pekanbaru, Riau.

Evan, bapak kandung bayi, mengatakan almarhum anak pertamanya itu belum sempat diberi nama karena sudah terlanjur meninggal pada Rabu malam (18/9). Bayi seberat 2,8 kilogram itu berusia tiga hari, sempat menderita batuk, demam tinggi hingga 41 derajat Celcius hingga pilek sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

"Dokter bilang anak saya terdampak virus akibat kabut asap," ujar Evan, Kamis (19/9).

Bayi laki-lakinya itu meninggal saat dalam perjalanan menuju ke rumah sakit Syafira, Pekanbaru. Meski telah meninggal di tengah perjalanan, bayi itu sempat diperiksa oleh dokter sesampainya di rumah sakit swasta.

Ia menambahkan bayinya lahir secara normal dan sehat. "Anak dan istri saya normal waktu lahiran kemarin. Keduanya dinyatakan sehat oleh bidan," ujarnya.

Setelah lahir, keesokan harinya buah hati dan istrinya dibawa pulang ke rumah. Masalah mulai muncul ketika kabut asap pekat melanda Kota Pekanbaru hingga ke level berbahaya.

Saat di rumah, dia mengatakan, anaknya mulai batuk dan demam panas hingga mencapai 40 derajat celcius pada Selasa malam (17/9). Evan juga mengaku dirinya tidak bisa tidur pada malam itu karena anaknya terus menangis, sementara asap semakin pekat.

Kondisi rumah keluarga tersebut berupa rumah kayu tanpa ada alat pendingin udara (AC).

Bayi yang baru berusia tiga hari sempat menderita batuk, demam tinggi hingga 41 derajat celcius hingga pilek, akibat diduga terpapar kabut asap yang terjadi di Kota Pekanbaru, Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close