Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Berantas Berita Hoax

Minggu, 18 Agustus 2019 – 10:59 WIB
Instagram Luncurkan Fitur Baru untuk Berantas Berita Hoax - JPNN.COM
Instagram versi mobile phone. Foto: Hypebeast

jpnn.com, JAKARTA - Instagram baru saja meluncurkan 'flagging tool' yang dirancang untuk memerangi penyebaran berita hoaks yang marak belakangan ini.

Dilpaorkan dari Hypebeast, Minggu (18/8), fitur baru ini diirilis di Amerika Serikat dan akan memperingatkan sekelompok pemeriksa fakta pihak ketiga ketika saat ada informasi palsu yang telah ditandai. Klaim mereka, fitur itu juga akan diperluas ke seluruh dunia pada akhir Agustus.

BACA JUGA: Instagram Akan Hapus Akun yang Melanggar Kebijakan Konten

"Informasi tidak benar adalah masalah yang secara pribadi menghabiskan banyak waktu. Saya bangga bahwa mulai hari ini, orang-orang dapat memberi tahu kami jika mereka melihat posting di Instagram yang mereka yakini salah," ungkap Kepala Instagram Adam Mosseri.

Untuk menandai informasi palsu, Anda hanya perlu membuka postingan yang ingin Anda tandai. Kemudian pilih menu tiga titik yang terletak di sudut kanan atas postingan, pilihan 'u pilih "Laporkan". Selanjutnya Anda pilih "Ini tidak pantas", dan pilih "Informasi palsu".

BACA JUGA: Instagram Gunakan AI untuk Cegah Komentar Negatif

Setelah Anda menandainya, maka laporan tersebut akan langsung dikirim ke tim pemeriksa fakta. Diklaim jika suatu postingan dianggap sebagai informasi yang salah, maka Instagram akan menahan postingan tersebut atau menghapusnya.

Peluncuran fitur ini menjadi salah satu upaya perusahaan induk Instagram, Facebook, untuk memerangi penyebaran informasi palsu di platformnya. (mg9/jpnn)

Instagram baru saja meluncurkan 'flagging tool' yang dirancang untuk memerangi penyebaran berita hoaks yang marak belakangan ini.

Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close