Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis Kepada 500 Polres Ini Dapat Pujian Anggota DPR

Senin, 27 April 2020 – 22:58 WIB
Instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis Kepada 500 Polres Ini Dapat Pujian Anggota DPR - JPNN.COM
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Foto: ANTARA/HO-Polri/pri

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan mengapresiasi respons cepat dan kepekaan serta sensitivitas Polri melalui Instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis ke 500 Polres, untuk menyiapkan masing-masing 10 ton beras dan bahan pokok lainnya.

Beras dan bahan pokok itu akan dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 yang belum terdata.

“Ini langkah cerdas dan giat inovatif serta upaya antisipatif dalam rangka menghindari kegagalan program jaring pengaman sosial yang ditetapkan pemerintah,” kata Arteria, Senin (27/4).

Politikus PDI Perjuangan itu menyatakan bahwa Polri sudah one step a head di dalam mengantisipasi kemungkinan adanya warga masyarakat yang terdampak secara sosial akibat pandemi Covid 19, namun luput dari pencermatan pemerintah in casu Kemensos maupun pemerintah daerah, serta pemerintahan desa.

Dia menjelaskan pastinya ada yang luput dari pencermatan, karena data keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH) itu  basisnya KTP dan kartu keluarga.

Sementara, kata dia, banyak sekali masyarakat miskin yang tidak ber KTP di wilayah setempat. Jadi, kata dia, instruksi Kapolri yang memerintahkan Jajaran polres seluruh Indonesia untuk mendata warga yang belum terdata mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah sangatlah tepat.

“Apalagi belakangan ini kan kita mendapatkan banyak permasalahan terkait banyaknya masyarakat terdampak yang tidak mendapatkan bantuan. Belum lagi kalau kita bicara mengenai adanya peningkatan penduduk miskin pasca pandemik Covid-19 yang pastinya belum tercover dalam data Kemensos,” ujar politikus berlatar belakang pengacara yang karib disapa Teri ini.

Ia menyatakan instruksi Kapolri kepada seluruh Polres menyiagakan 10 ton beras dan sembako lain dengan anggaran Mabes Polri, makin membuktikan bahwa Korps Bhayangkara adalah polisi pejuang, polisi rakyat yang selalu mengedepankan salus populi suprema lex esto, di mana keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

“Namun demikian saya meminta kepada seluruh jajaran Polri untuk dapat memastikan dan menjamin kelancaran distribusi logistik dan bantuan sosial yang humanis dan berkeadilan sosial," harapnya.

Terkait dengan pilihan kebijakan yang diambil oleh beberapa daerah mulai dari PSBB maupun local atau partial lockdown atau karantina wilayah secara parsial, Teri mengharapkan Polri dapat menjadi garda terdepan dalam kontek penegakan hukum, melalui giat giat penegakan hukum yang tegas namun terukur serta humanis.(boy/jpnn)

Instruksi Kapolri kepada 500 Polres ini sebagai langkah cerdas dan giat inovatif serta upaya antisipatif dalam rangka menghindari kegagalan program jaring pengaman sosial yang ditetapkan pemerintah.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Said Abdullah

    Senin, 25 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Said Abdullah - JPNN.com
  • Politik

    Ahmad Sahroni Memotivasi Ratusan Mahasiswa Peserta Kampus Merdeka

    Kamis, 14 Maret 2024 – 05:14 WIB
    Ahmad Sahroni Memotivasi Ratusan Mahasiswa Peserta Kampus Merdeka - JPNN.com
  • Hukum

    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar

    Rabu, 13 Maret 2024 – 21:13 WIB
    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar - JPNN.com
X Close