Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Intelijen Korsel Ungkap Fakta tentang Kim Jong-un, Ternyata terkait Corona

Rabu, 06 Mei 2020 – 14:55 WIB
Intelijen Korsel Ungkap Fakta tentang Kim Jong-un, Ternyata terkait Corona - JPNN.COM
Kim Jong-un mengunjungi Pabrik Pupuk Sunchon Phosphatic di sebelah utara Pyongyang, Jumat (1/5). Foto: KCNA

jpnn.com, SEOUL - Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa tidak ada tanda-tanda Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjalani operasi jantung ketika menghilang dari media pemerintah selama tiga pekan.

Disebutkan bahwa Kim Jong-un hanya mengurangi aktivitasnya mengingat kekhawatiran terhadap pandemi virus corona COVID-19.

Kim Jong-un menghadiri peresmian pabrik pupuk, seperti dilansir media resmi Korea Utara pada Sabtu, laporan pertama kemunculan Kim Jong-un di hadapan publik sejak 11 April.

Ketidakhadirannya mengundang spekulasi soal kesehatan dan keberadaan Kim Jong-un. Bahkan saluran berita Korea Selatan sempat melaporkan bahwa Kim menjalani operasi jantung.

Badan Intelijen Nasional Seoul (NIS) mengatakan pada pertemuan anggota komite intelijen parlemen bahwa laporan itu "tak berdasar," demikian Yohnap.

"Dia menjalankan tugasnya seperti biasa ketika hilang dari pandangan publik," kata anggota komite Kim Byung-kee.

Namun anggota tersebut mengatakan Kim Jong Un hanya tampil 17 kali sejauh tahun ini, dibanding dengan rata-rata 50 kali dari tahun sebelumnya, yang NIS anggap kemungkinan disebabkan oleh wabah virus corona di Korea Utara.

Korut mengaku tidak memiliki kasus COVID-19 terkonfirmasi. Menteri Unifikasi Korsel Kim Yeon-chul, yang mengawasi urusan Korut, mengatakan ketidakhadiran Kim di hadapan publik tidak terlalu luar biasa sebab negara itu mengambil langkah ketat untuk mencegah wabah virus corona.

Intelijen Korsel dan kantor berita Yonhap mengungkap penyebab Kim Jong-un sempat beberapa lama tidak menampakkan diri, ternyata terkait pandemi virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close