Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Investasi Migas 2013 Capai USD 26,2 Miliar

Sabtu, 12 Januari 2013 – 08:16 WIB
Investasi Migas 2013 Capai USD 26,2 Miliar - JPNN.COM
JAKARTA – Tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan investasi untuk kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Tercatat komitmen investasi yang telah disetujui mencapai USD 26,2 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan komitmen investasi 2012 sebesar USD 21,88 miliar.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan, untuk 2013, Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas menyetujui rencana kerja dan anggaran dari 274 kontraktor, yang terdiri dari 74 wilayah kerja (WK) eksploitasi dan 200 WK eksplorasi.

Persetujuan anggaran untuk WK eksploitasi sebesar USD 23,5 miliar. Rinciannya, untuk membiayai kegiatan eksplorasi sebesar USD 2,3 miliar, pengembangan USD 5 miliar, produksi USD 14,7 miliar, dan administrasi umum sebanyak USD 1,5 miliar. ”Tercatat rencana pengeboran di WK eksploitasi sebanyak 1.177 sumur pengembangan, 1.094 sumur kerja ulang (work over), dan 99 sumur eksplorasi,” beber Wacik dalam keterangannya kemarin.

Sedangkan untuk anggaran di WK eksplorasi sebesar USD 2,7 miliar. Dana tersebut akan dipakai untuk melakukan pengeboran sebanyak 75 sumur eksplorasi migas konvensional dan 82 sumur eksplorasi gas metana batubara (coal bed methane/CBM).

Sebagai informasi, investasi di WK eksplorasi merupakan biaya yang masih menjadi beban kontraktor sampai kegiatan eksplorasi tersebut dapat dikembangkan untuk diproduksikan secara komersial. ”Kami meminta kontraktor KKS segera melaksanakan rencana kerja yang telah disetujui, sehingga target produksi dan penerimaan negara dapat tercapai,” kata Jero.

JAKARTA – Tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan investasi untuk kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Tercatat komitmen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA