Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

iPhone 16 Belum Dijual di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya, Oalah

Selasa, 08 Oktober 2024 – 00:07 WIB
iPhone 16 Belum Dijual di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya, Oalah - JPNN.COM
Apple merilis iPhone 16. (ANTARA/Apple Newsroom)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menanggapi terkait kehadiran iPhone 16 yang tak hadir di Indonesia.

Diketahui, iPhone 16 telah resmi meluncur dan dipasarkan di sejumlah negara. Namun, perangkat itu belum juga dirilis di Indonesia karena maslah tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief mengatakan pihaknya sedang memproses sertifikasi TKDN produk teknologi terkemuka Apple, yakni Iphone 16, supaya bisa dipasarkan di Indonesia.

Menurut dia proses sertifikasi TKDN tersebut berkaitan dengan komitmen investasi perusahaan asal Amerika Serikat itu untuk membangun Apple Academy di Indonesia.

"Kalau sudah direalisasikan, maka mereka bisa dapat sertifikasi TKDN dan mereka bisa menjual Iphone 16. Nah sekarang ditunda dulu," kata Febri di Jakarta.

Dia menambahkan lama proses sertifikasi TKDN tersebut tergantung pada laporan realisasi investasi yang dilakukan oleh pihak Apple.

"Kalau ada yang menjual Iphone 16, itu ilegal karena belum dapat sertifikasi," ujar Febri.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan pihaknya mendorong agar Apple untuk menambah realisasi investasi di Indonesia supaya bisa membantu mendongkrak sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten.

iPhone 16 telah resmi meluncur dan dipasarkan di sejumlah negara. Namun, perangkat itu belum juga dirilis di Indonesia. Ternyata ini penyebabnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA