Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IPP Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Pertama di Riau Resmi Beroperasi

Kamis, 04 Mei 2023 – 03:14 WIB
IPP Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Pertama di Riau Resmi Beroperasi - JPNN.COM
PLTBg Ujung Batu 3 MW di Desa Sukadamai, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Foto dok IPP

jpnn.com, RIAU - PT Pasadena Biofuels Mandiri mengoperasikan secara komersial Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Ujung Batu berkapasitas 3x1 megawatt di Desa Sukadamai, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, pada Rabu (3/5).

Independent Power Producer (IPP) PLTBg pertama di Provinsi Riau ini beroperasi secara komersial setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara Commercial Operation Date (COD) PLTBg Ujung Batu, antara PT PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau dengan PT Pasadena Biofuels Mandiri selaku IPP.

PT Pasadena Biofuels Mandiri merupakan bagian dari Biodena Energy Group yang berkecimpung dan fokus pada pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan upaya penurunan emisi karbon (dekarbonisasi), serta turut berperan dalam menurunkan emisi gas rumah kaca.

Direktur Utama PT Pasadena Biofuels Mandiri, Edmond Widjaja, mengatakan Biodena Energy Group berkomitmen untuk terus mendukung upaya PT PLN dalam meningkatkan bauran energi hijau di tanah air.

"Kami merasa bangga dapat melakukan COD PLTBg Ujung Batu. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan pembangkit hijau ini, khususnya kepada PLN. Kami berharap PLTBg ini dapat meningkatkan bauran energi bersih di tanah air sehingga berkontribusi dalam mewujudkan target pemerintah untuk mencapai net zero emission," ujar Edmond Widjaja saat peresmian COD PLTBg Ujung Batu.

PLTBg Ujung Batu ini memanfaatkan limbah palm oil mill effluent (POME) atau limbah cair dari pabrik minyak kelapa sawit milik PT Rohul Sawit Industri.

Dengan menggunakan teknologi pengolahan secara anaerobik, limbah cair kelapa sawit tersebut diolah menjadi energi biogas.

Selain menghasilkan energi bersih, PLTBg Ujung Batu juga menerapkan teknologi tepat guna untuk pengelolaan limbah sawit yang ramah lingkungan serta turut berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon sebesar 100.000 ton CO2 atau setara dengan emisi 10.000 mobil per tahun.

Independent Power Producer (IPP) PLTBg pertama di Provinsi Riau ini beroperasi secara komersial setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara COD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close