Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IPW: Polisi Brengsek Harus Dipecat

Jumat, 29 Juni 2012 – 14:06 WIB
IPW: Polisi Brengsek Harus Dipecat - JPNN.COM
JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) memberi tiga catatan hitam untuk Kepolisian RI, pada peringatan Hari Bhayangkara 2012. Tiga catatan ini merupakan kado hitam Polri selama menjalankan tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kado hitam yang pertama menurut Neta adalah kinerja Polri yang masih banyak dikeluhkan publik, meski berbagai perubahan dan perbaikan terus menerus dilakukan. Contohnya, masih kentalnya penyiksaan dan intimidasi dalam menangani masalah.

Sepanjang tahun 2011 misalnya, ada  97 orang tak bersalah ditembak polisi, 19 tewas dan 78 lainnya luka. Mereka menjadi korban kesewenang-wenangan polisi dalam menggunakan senjata api. Selama semester pertama 2012, ada 18 kasus penzaliman yang dilakukan polisi dengan melibatkan 34 anggotanya. Delapan di antaranya kasus salah tembak dan 10 lainnya penyiksaan.

"Kenapa ini terjadi? Karena kepedulian atasan terhadap bawahan masih sangat rendah. Fungsi kontrol internal tidak berjalan, begitu juga eksternal," kata Presidium IPW Neta S. Pane, Jumat (29/6)

JAKARTA -- Indonesia Police Watch (IPW) memberi tiga catatan hitam untuk Kepolisian RI, pada peringatan Hari Bhayangkara 2012. Tiga catatan ini merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA