Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IPW Tak Setuju Pangkat Kakor Brimob & Kadiv Humas jadi Bintang Tiga

Selasa, 17 Desember 2019 – 17:36 WIB
IPW Tak Setuju Pangkat Kakor Brimob & Kadiv Humas jadi Bintang Tiga - JPNN.COM
Neta S Pane. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium IPW Neta S Pane menilai rencana Kapolri Jenderal Idham Azis yang akan menaikkan pangkat Kepala Divisi (Kadiv) Humas dan Kepala Korps (Kakor) Brimob Polri menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) adalah tindakan yang tidak bermanfaat buat masyarakat dan bertentangan dengan program Presiden Jokowi.

“IPW menilai rencana itu tidak perlu direalisasikan dan harus segera dibatalkan,” kata Neta di Jakarta, Selasa (17/12).

Menurut Neta, rencana menaikkan pangkat dari Inspektur Jenderal (Irjen) menjadi Komjen atau bintang tiga itu bertentangan dengan tiga hal.

Pertama, tidak bermanfaat buat masyarakat. Kedua, bertentangan dengan program Presiden Jokowi yang sedang melakukan penyederhanaan eselon di pemerintahan.

Ketiga, peningkatan status Kadiv Humas dan Kakor Brimob itu bertentangan dengan penjabaran tugas pokok Polri yang mengedepankan tugas-tugas reskrim, lalu lintas, intelijen, sabhara, dan binmas.

Berdasar penelusuran IPW, kalangan jenderal senior di Polri baik yang masih aktif maupun purnawirawan pada umumnya menolak rencana menaikkan status kepangkatan Kadiv Humas dan Kakor Brimob menjadi Komjen. “Mereka mengatakan, tidak habis pikir dengan rencana Kapolri tersebut karena tidak jelas urgensinya,” ujar Neta.

Neta melanjutkan, rencana menaikkan pangkat Kapolda Metro Jaya menjadi Komjen saja ditolak kalangan internal Polri, tetapi kenapa tiba-tiba muncul perencanaan kenaikan pangkat Kadiv Humas dan Kakor Brimob jadi bintang tiga.

Menurut dia, yang menjadi pertanyaan apakah beban tugas Kadiv Humas lebih tinggi dari Kapolda Metro Jaya hingga pangkatnya harus bintang tiga. “Ini yang menjadi pertanyaan di kalangan jenderal senior di Polri,” tegasnya.

IPW menilai rencana Kapolri yang akan menaikkan pangkat Kadiv Humas dan Kakor Brimob Polri menjadi Komjen bertentangan dengan program Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close