Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iran Tertawakan Keputusan Amerika Kembali ke Suriah demi Minyak

Kamis, 31 Oktober 2019 – 05:59 WIB
Iran Tertawakan Keputusan Amerika Kembali ke Suriah demi Minyak - JPNN.COM
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif . Foto: AP

jpnn.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mentertawakan keputusan Amerika Serikat kembali mengirim pasukan ke Suriah demi menjaga ladang minyak. Menurutnya, langkah itu menunjukkan watak asli Paman Sam.

"Sepertinya Amerika Serikat akan tetap melindungi minyak. Dan setidaknya Presiden Trump jujur ??mengatakan apa yang ingin dilakukan Amerika Serikat," kata Zarif dalam perbincangan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Jenewa, Swiss pada Selasa malam (29/10).

Seperti diketahui, beberapa pekan lalu AS memutuskan menarik pasukannya dari Suriah, meski milisi Kurdi yang merupakan sekutu mereka di kawasan tersebut menghadapi ancaman invasi Turki. Namun, belakangan Presiden Donald Trump memerintahkan sebagaian pasukan AS kembali ke Suriah demi menjaga ladang minyak.

Zarif pun menyindir keberadaan pasukan AS di Suriah yang terkesan seperti tamu tidak diundang. "Iran dan Rusia ada di sana atas undangan pemerintah Suriah, dan kami berniat untuk tinggal di sana selama pemerintah Suriah dan rakyat Suriah menginginkan kami berada di sana," tambahnya.

Sementara itu Lavrov mengatakan bahwa kembalinya pasukan Amerika Serikat ke Suriah adalah ilegal. "Intinya adalah bahwa setiap eksploitasi ilegal sumber daya alam dari negara berdaulat tanpa persetujuannya adalah ilegal dan itu adalah pandangan kami," ujar dia. (rmol/jpnn)

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mentertawakan keputusan Amerika Serikat kembali mengirim pasukan ke Suriah demi menjaga ladang minyak.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close