Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Irjen Mathius Fakhiri: TNI dan Polri Tidak akan Mundur Selangkah pun Memburu KKB

Selasa, 04 Mei 2021 – 20:26 WIB
Irjen Mathius Fakhiri: TNI dan Polri Tidak akan Mundur Selangkah pun Memburu KKB - JPNN.COM
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri (ANTARA/Evarianus Supar)

jpnn.com, TIMIKA - Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Mathius D Fakhiri menyatakan aparat TNI dan Polri tidak akan mundur selangkah pun memburu dan melakukan penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Saya tegaskan bahwa aparat TNI dan Polri tidak akan mundur selangkah pun. Kami akan lakukan penegakan hukum terhadap KKB dalam beberapa waktu ke depan," ujar Irjen Fakhiri di Timika, Selasa (4/5).

Irjen Fakhiri menyatakan penegakan hukum terhadap KBB akan dilakukan hingga wilayah Kabupaten Puncak, Papua, seluruhnya bersih dari kelompok itu.

"Kami tetap lakukan penegakan hukum sampai dipastikan wilayah Ilaga dan Kabupaten Puncak seluruhnya bersih dari kelompok-kelompok KKB," ungkap mantan Wakapolda Papua itu.

Irjen Fakhiri menegaskan hal itu menyikapi terjadinya aksi pembakaran fasilitas umum seperti gedung sekolah, perumahan guru, gedung lama Puskesmas di Mayuberi, Distrik Ilaga Utara dan juga pengrusakan jalan dan jembatan oleh KKB, Minggu (2/5) malam.

Orang nomor satu di lingkungan Polda Papua itu menyebut tidak ada korban jiwa dalam sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan KKB tersebut.

Kejadian itu bermula dari laporan Kepala Distrik (Camat) Ilaga yang menelepon Marinus Labene bahwa pada Minggu 2 Mei 2021 malam, bangunan Sekolah Mayuberi dan dua unit perumahan guru serta bangunan lama Puskesmas Mayuberi dibakar oleh KKB.

Menurut Irjen Mathius Fakhiri, kuat dugaan bahwa pembakaran fasilitas umum itu karena bangunan-bangunan tersebut digunakan sebagai Poskotis oleh aparat saat penegakan hukum beberapa waktu lalu.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menegaskan TNI dan Polri tidak akan mundur selangkah pun memburu dan melakukan penegakan hukum terhadap KKB. Irjen Fakhiri memastikan TNI dan Polri akan membersihkan wilayah Papua dari KKB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close