Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Irwan Mendorong Peningkatan Kerja Sama Internasional untuk Memajukan Upaya Konservasi Hutan

Jumat, 28 Juni 2024 – 23:04 WIB
Irwan Mendorong Peningkatan Kerja Sama Internasional untuk Memajukan Upaya Konservasi Hutan - JPNN.COM
Anggota DPR RI Dapil Kaltim dari Fraksi Partai Demokrat Irwan Fecho. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Anggota DPR RI asal Kalimantan Timur Irwan Fecho mengatakan konservasi hutan merupakan mitigasi jangka panjang negara dalam upaya mencegah kerusakan lingkungan dan memastikan keberlanjutan ekosistem hutan.

Upaya itu menurutnya diwujudkan melalui pelestarian, perlindungan, dan pengelolaan sumber daya hutan dalam jangka panjang demi keberlangsungan keanekaragaman hayati, ekosistem berikut manfaat ekologis, ekonomis, dan sosial budayanya.

"Itu makanya saya sangat mengapresiasi Pak Prabowo memasukkan isu prioritas penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya dalam ASTACITA beliau saat pilpres kemarin," ujar Irwan di Jakarta, Sabtu (28/6).

Hal itu disampaikan legislator Fraksi Partai Demokrat itu merespons tantangan yang dihadapi pemerintah dalam konservasi hutan di tengah persoalan iklim global.

Dia pun menilai peningkatan kerja sama internasional sangat penting sekaligus diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi masalah konservasi hutan.

"Di samping masyarakat memainkan peran penting dalam perlindungan keanekaragaman hayati, maka peningkatan kerja sama dan pendanaan internasional sangat penting untuk memajukan upaya konservasi hutan di Indonesia," tuturnya.

Penyandang gelar doktor di bidang kehutanan itu mengatakan bahwa Indonesia harus dilihat dan ditempatkan sebagai sebuah negara yang penting bagi keanekaragaman hayati global dan stabilitas iklim.

"Sudah seharusnya agar lebih optimal, maka kita (Indonesia, red) menjadi pemimpin terdepan dalam isu dan aksi global terkait konservasi hutan ini," tuturnya.

Anggota DPR RI asal Kalimantan Timur Irwan Fecho mendong peningkatan kerja sama internasional untuk memajukan konservasi hutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close