Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Israel Deportasi Semua Relawan

Kamis, 03 Juni 2010 – 06:21 WIB
Israel Deportasi Semua Relawan - JPNN.COM
KETERANGAN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan keterangan tentang nasib relawan Indonesia yang tergabung dalam misi kemanusian ke Gaza dengan kapal kebebasan (Freedom Flotilla), di Kantor Kepresidenan, Rabu (2/6). Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos.
KECAMAN seluruh dunia terhadap Israel membawa hasil. Selang sehari setelah Dewan Keamanan (DK) PBB mengeluarkan pernyataan keras atas serangan terhadap rombongan kapal kemanusiaan Freedom Flotilla dan penahanan seluruh relawan, Israel Rabu (2/6) kemarin melepaskan mereka.

Sekitar 700 relawan dan aktivis yang tergabung dalam misi kemanusiaan bagi warga di Jalur Gaza itu telah dibebaskan dan dideportasi. Dari jumlah itu, sekitar 50 orang - sebagian warga Turki dan sebagian lainnya dari Eropa - dibebaskan Selasa (1/6) lalu. "Kami pastikan, tidak ada lagi tahanan (dari para relawan) di penjara kami," kata Yron Zamir, juru bicara otoritas penjara Israel, kemarin.

Menurut Zamir, semua relawan telah dibawa ke Bandara Internasional Ben Gurion, dekat Tel Aviv, menuju perbatasan Yordania. Lebih dari 120 relawan dideportasi ke Yordania kemarin pagi. Selain itu, 200 relawan Turki kemarin dipulangkan ke negaranya. Sementara rRelawan yang lain diterbangkan kemudian.

Sebelumnya, Jaksa Agung Israel Yehuda Weinstein menyatakan bahwa seluruh relawan yang ditahan itu akan dideportasi paling lambat sebelum Rabu tengah malam. Menurutnya, Israel memutuskan untuk tidak memproses para relawan tersebut. Padahal, informasi sebelumnya menyebutkan bahwa sekitar 50 relawan akan disidang di Israel, atas tuduhan terlibat penyerangan terhadap tentara Israel.

loading...