Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Israel Sudah Tinggalkan Gaza

PBB Minta Blokade Perbatasan Diakhiri

Kamis, 22 Januari 2009 – 08:15 WIB
Israel Sudah Tinggalkan Gaza - JPNN.COM
KONVOI ; iring-iringan kendaraan tempur Israel bergerak keluar dari Gaza menuju Israel, Rabu (21/1). Foto: REUTERS
JERUSALEM - Penarikan seluruh pasukan Israel dari Jalur Gaza tuntas sebelum fajar menyingsing kemarin (21/1). Itu adalah kado istimewa pemerintah Ehud Olmert kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang baru saja dilantik beberapa jam sebelumnya di Washington.

"Pagi ini (kemarin) seluruh pasukan pertahanan Israel (IDF) telah meninggalkan Jalur Gaza. Kini, mereka disiagakan untuk menghadapi peristiwa-peristiwa lain dari luar Gaza,'' kata juru bicara IDF seperti dilansir harian Inggris The Guardian.

Meski menjanjikan perubahan dalam kebijakan luar negeri, khususnya Timur Tengah, pada hari pertama masuk kantor kemarin, Obama belum melontarkan pernyataan apa pun terkait dengan serangan 22 hari militer Israel ke Gaza. Padahal, itulah yang paling dinanti-nantikan Israel dan warga dunia.

Pendahulunya, mantan Presiden George W. Bush, jelas pendukung sejati negara Yahudi tersebut. Dia membenarkan langkah Israel membombardir Gaza untuk membela diri dari serangan roket Hamas. Untuk itu, Amerika Serikat berupaya sekuat tenaga membendung langkah internasional yang kontra Israel, termasuk memilih abstain dalam voting resolusi PBB pada 8 Januari lalu.

JERUSALEM - Penarikan seluruh pasukan Israel dari Jalur Gaza tuntas sebelum fajar menyingsing kemarin (21/1). Itu adalah kado istimewa pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close