Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Israel Terus Bombardir Gaza, Kemlu Hilang Kontak dengan 3 WNI

Rabu, 22 November 2023 – 14:37 WIB
Israel Terus Bombardir Gaza, Kemlu Hilang Kontak dengan 3 WNI - JPNN.COM
Asap mengepul menyusul serangan Israel di Gaza, Senin (9/10/23). ANTARA FOTO/Reuters-Mohammed Salem/hp.

jpnn.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sejak Rumah Sakit Indonesia di Gaza diserang oleh militer Israel pada Senin (20/11), pemerintah masih kesulitan menghubungi tiga WNI yang bekerja sebagai relawan di rumah sakit itu.

“Sampai saat ini, kontak langsung dengan tiga WNI yang bekerja sebagai relawan RS Indonesia di Gaza masih belum dapat dilakukan,” kata Retno, ketika menyampaikan pernyataan pers melalui rekaman video, di sela-sela kegiatannya di London, Inggris, untuk menjalankan mandat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sebagai utusan perdamaian untuk Palestina.

Ketika terus berupaya menjalin kontak dengan Gaza, khususnya RS Indonesia, Retno mengungkapkan bahwa informasi yang diperoleh berbagai lembaga PBB dan pihak-pihak yang berada di Gaza juga masih sangat terbatas.

"Tetapi kami akan terus berikhtiar secara maksimal," janji Retno.

Keberadaan dan keselamatan Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi menjadi sorotan setelah beredar kabar RS Indonesia di Gaza diserang Israel hingga menewaskan sedikitnya 12 korban.

Ketiga sukarelawan menolak dievakuasi karena ingin melanjutkan kerja kemanusiaan di Gaza.

Pada Senin, organisasi kemanusiaan MER-C yang menaungi ketiga relawan tersebut menyatakan mereka dalam keadaan sehat, meskipun belum bisa berkomunikasi langsung dengan mereka.

"Namun, menurut informan-informan kami yang ada di sana, menurut jaringan kami, bahwa tiga relawan MER-C insyaallah dalam keadaan sehat dan ada beberapa foto yang dikirim kepada kami ... dan mereka sekarang berada di Rumah Sakit Indonesia," kata Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad.

Lebih dari 13.000 korban di Gaza meninggal dunia akibat pengeboman Israel sejak 7 Oktober 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close