Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Istri Cak Nur Keluhkan Gaya Paramadina Terkini

Rabu, 12 April 2017 – 19:20 WIB
Istri Cak Nur Keluhkan Gaya Paramadina Terkini - JPNN.COM
Ommy Komariah Madjid dalam diskusi publik bertajuk Merawat Pemikiran Guru-Guru Bangsa yang juga menghadirkan Yenny Wahid, M Sobary, Abdul Muthi, dan Wahyuni Nafis di Hotel Century, Jakarta, Rabu (12/4). Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Diskusi publik bertajuk Merawat Pemikiran Guru-Guru Bangsa menjadi ajang bagi Ommy Komariah Madjid berkeluh kesah tentang perkembangan Universitas Paramadina.

Istri Nurcholis Madjid alias Cak Nur itu menilai, Universitas Paramadina kehilangan roh perjuangan dan intelektualitas.

Menurut Ommy, ada kelompok yang mematikan usaha yang dibangun Cak Nur, yakni pemikiran Islam yang plural dan demokratis.

Kelompok itu bahkan melarang dialog mengenai pemikiran Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Buya Syafii Maarif, dan Cak Nur.

"Saya sedih kemarin waktu dibatalkan dialog ini di kampus Paramadina dan tak boleh diskusi di kampus yang dibangun oleh Cak Nur,” ujar Ommy dalam diskusi yang juga menghadirkan Yenny Wahid, M Sobary, Abdul Muthi, dan Wahyuni Nafis di Hotel Century, Jakarta, Rabu (12/4).

“Nama Paramadina ciptaan beliau dan kampus juga memakai nama Nurcholis Madjid supaya semua nilai yang disampaikan Cak Nur bisa diteruskan. Namun, saya menjadi sedih ketika sekarang justru diskusi tentang pemikiran beliau di Paramadina malah dilarang," kata Ommy.

Menurut Ommy, meski Cak Nur sudah meninggal, pemikirannya masih bisa terus dikaji, bukan malah dimatikan.

Ommy mengatakan, nilai demokrasi, keterbukaan, dan pluralisme di Universitas Paramadina sudah hilang.

Diskusi publik bertajuk Merawat Pemikiran Guru-Guru Bangsa menjadi ajang bagi Ommy Komariah Madjid berkeluh kesah tentang perkembangan Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close